Sukses

Mengenang Sepak Terjang Syekh Ali Jaber di Dunia Kuliner, Dikenal Jago Masak sampai Buka Restoran

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi berita duka menyeruak di awal tahun 2021. Pendakwah sekaligus ulama, Syekh Ali Jaber, meninggal dunia pada Kamis (14/1/2021) sekitar pukul 8.30 WIB. Menurut unggahan Ustadz Yusuf Mansyur di Instagram pribadinya, Syekh Ali berpulang dalam kondisi negatif COVID-19.

Ucapan duka dan doa untuk mengantarkan kepergiannya pun riuh disuarakan publik. Di ingatan banyak orang, Syekh Ali dikenal lewat dakwahnya yang sejuk. Di samping, pada beberapa kesempatan, pria kelahiran Madinah, Arab Saudi ini dianggap jago memasak.

Pada beberapa klip yang diunggah ke akun YouTube-nya, nasi mandi jadi salah satu sajian andalan dalam memasak. Kuliner Timur Tengah itu bahkan dibuatkan Syekh Ali untuk pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pada Ramadan tahun lalu.

Semasa awal pandemi, Syekh Ali sempat memperlihatkan kemahirannya mengolah ragam makanan di dapur untuk dihidangkan pada keluarga besarnya. Kala itu, ia juga kedapatan memasak nasi mandi dan dengan luwes menjelaskan bahan-bahan yang dipakai, termasuk daging kambing dan ragam rempah.

Tampak menggunakan sarung tangan plastik, Syekh Ali terampil meracik nasi mandi. Dalam mengolah daging kambing, ia memasukkan bahan tersebut ke dalam alat pemanggang khusus. "Panasnya 180--200 derajat celcius dan dipanggang selama dua jam," katanya.

Saat memasak bersama Raffi dan Gigi, sapaan akrab Nagita, Syekh Ali kedapatan berbagi tips agar daging kambing tak bau saat dimasak.

Ia menyarankan agar setelah disembelih, daging kambing dicuci dan direndam dengan air garam. Larutan air garam tersebut yang akan menghilangkan bau tak sedap dari daging kambing

"Dicuci betul-betul, direndam, dan digosok-gosok dagingnya (dengan larutan air garam). Diamkan sebentar dan baru dimasak," terang Syekh Ali Jaber.

2 dari 4 halaman

Buka Restoran

Lihai dalam mengolah makanan khas Arab, Syekh Ali Jaber membuka restoran Baba Jaber di Pulogadung, Jakarta Timur sejak Januari 2018. "Truly arabic cuisine," begitu keterangan yang tertulis di akun Instagram restoran tersebut.

Menu andalannya adalah nasi baba jaber dengan lauk daging kambing maupun ayam. Berdasarkan keterangannya, restoran ini menerima pesanan dalam partai besar maupun kecil.

Gerainya diinformasikan sedang tutup karena tengah renovasi. Sebagai ganti, pemesanan menu diarahkan untuk menghubungi nomor yang tertera di sana.

3 dari 4 halaman

4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: