Sukses

Beri Makanan dan Minuman pada Kakek Pemulung, Anak Motor Panen Pujian

Meski penampilannya agak lusuh, lelaki yang membawa motor vespa ini mau membantu seorang pemulung.

Liputan6.com, Jakarta - Anak motor sering mendapat cap negatif dan dipandang sebelah mata karena penampilan dan aktivitas yang dilakukan oleh komunitas mereka, yang dianggap membuat rusuh dan gaduh.

Selain itu, beberapa anak motor terkadang memiliki tampilan seperti anak punk yang sering dicap tidak benar. Belakangan, seorang warganet merekam secara diam-diam aksi anak motor yang menggunakan motor vespa membantu seorang kakek pemulung. Namun tidak diketahui lokasi kejadian tersebut.

Dibagikan kembali oleh akun Instagram @undercover.id pada 31 Desember 2020 dengan sumber dari warganet bernama Erwan Hadi yang merekam video tersebut. Terlihat, sang perekam video sedang berada di dalam mobil yang berhenti di depan mini market. Tak jauh dari mobilnya, terlihat sebuah motor vespa yang telah dimodifikasi sehingga memiliki bodi yang panjang.

Warganet ini menyoroti seorang lelaki yang keluar dari minimarket tersebut dengan makanan di tangannya. Saat keluar dari mini market, lelaki tersebut memberikan sebungkus roti dan minuman yang dibelinya kepada seorang kakek pemulung yang membawa karung. Wajah sang kakek terlihat tersenyum gembira ketika menerima makanan yang diberikan lelaki tersebut.

Lelaki yang penampilannya agak lusuh itu ternyata pemilik vespa modifikasi tersebut. Setelah itu, seorang lelaki lain yang duduk di kursi depan mini market pun turut memberikan sesuatu kepada kakek pemulung tersebut, kemungkinan besar adalah uang.

"Eh istimewa. Anak model punk, siapa sangka. Makanya jangan dilihat penampilan luarnya. Padahal hatinya cakep, siapa anak ini? Istimewa. Modelnya kayak anak acak-acakan, kayak anak berandalan. Tapi bisa ngelakuin hal ini. Hebat kamu mas, semoga barokah," ucap warganet yang merekam video tersebut.

Usai memberikan makanan, anak vespa tadi tidak langsung pergi. Ia sempat mengambil rokok dan korek dari belakang motor vespanya, lalu memeriksa sesuatu pada motornya, lalu duduk di kursi kosong yang tersedia di depan mini market.

"Panjang umur orang-orang baik. Padahal buat makan sendiri (menurut teman saya yang ngevespa) kadang kurang. Bahkan nyari sisa-sisa. Semoga sehat selalu dirimu mas. Diberikan kebahagiaan dunia akhirat," tulis pemilik akun dalam unggahannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komunitas yang Baik

Video yang telah disukai sebanyak lebih dari 29.731 kali oleh sesama pengguna Instagram itu pun menuai beragam komentar dari warganet. "Nggak usah nungguin kaya baru berbagi, tapi berbagi lah itu yang akan membuat kita kaya (hati)," tulis seorang warganet.

"Komunitas vespa ini baik banget kalau ketemu di jalan jiwa sosialnya tinggi," timpal warganet lainnya. "Siapapun kamu di manapun kamu, semoga panjang umur sehat selalu," komentar warganet lainnya.

Tak hanya anak motor, beberapa hari lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menunjukkan perhatiannya pada pemulung. Bukan berkumpul dengan keluarga besar, Ridwam Kamil merayakan malam tahun baru 2021 dengan Dede, seorang pemulung bersama keluarganya.

"Bersama Pak Dede, pemulung yang kemarin sempat viral karena harus membawa anak bayinya setiap hari ke lapangan karena istrinya sakit," tulis pria yang akrab disapa Kang Emil ini melalui akun Instagram pribadinya, Kamis, 31 Desember 2020.

3 dari 3 halaman

9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.