Sukses

Sehat Finansial untuk Masa Depan yang Bebas Khawatir dalam Menyambut Tahun 2021

Mengatur dan mengelola keuangan memang sering kali menjadi tantangan bagi sebagian orang.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak orang diberhentikan dari pekerjaannya. Hal ini tentunya berdampak pada terjadinya penurunan pendapatan. 

Nah salah satu hal yang harus diingat bahwa kita belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Bahkan menjelang pergantian tahun, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah dari segi finansial. 

Ya, mengatur dan mengelola keuangan memang sering kali menjadi tantangan bagi sebagian orang. Di sinilah kita harus benar-benar memahami literasi finansial untuk menjadi bekal dalam menjalani kehidupan yang kadang tidak terduga seperti sekarang ini. 

Literasi finansial merupakan suatu proses berkelanjutan yang perlu terus dipelajari untuk tetap up to date dengan perkembangan terkini. Oleh karena itu, tidak hanya sehat secara fisik, tetapi ada baiknya kita juga sehat secara finansial. 

Biar masa depan di tahun yang baru ini lebih terjamin secara finansial, yuk ikuti beberapa langkah mudah berikut ini: 

1.Sumber Informasi yang Bermanfaat

Kamu untuk meningkatkan pengetahuan terkait pengelolaan finansial dari banyak sumber, seperti buku, koran, blog, podcast, video YouTube hingga webinar. Dari sumber itu, sebaiknya kamu memahami tentang dasar-dasar finansial seperti jenis investasi, dana darurat, asuransi dan lainnya. 

Ingatlah, investasi berupa pengetahuan juga penting untuk menggali peluang dan meningkatkan potensi sehingga Kamu mengerti akan keuangan diri sendiri. Tapi, jangan lupa untuk cari sumber yang kredibel ya! 

2. Tentukan Tujuan Finansial

Ciptakanlah tujuan finansial untuk membantumu termotivasi dalam mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya. Tujuan finansial dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu dalam jangka waktu tertentu, misalnya untuk pernikahan atau pendidikan. 

Dengan memiliki tujuan finansial, kamu dengan jelas menentukan jumlah dana dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Tujuan tersebut juga memudahkan dalam menentukan bentuk investasi yang tepat, seperti reksadana, obligasi, atau saham. 

3. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Luangkan waktu sejenak untuk melacak seluruh pemasukan maupun pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. Mungkin hal ini menjadi hal yang cukup merepotkan, tapi ini merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. 

Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, kamu akan mendapat gambaran dari kemampuan finansial. Hal ini membuatmu dapat jauh lebih mudah untuk mengarahkan uang yang dimiliki. Buatlah persentase pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya dengan memprioritaskan hal yang dibutuhkan. 

4. Sesuaikan Gaya Hidup

Setelah mengetahui kemampuan finansial, kamu perlu menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan. Ya, tak perlu melabeli diri dengan gaya hidup yang berlebihan dan tidak perlu memaksakan diri. 

Ambil tiap keputusan keuangan dengan bijak dan fokus pada kebutuhan dan tidak hanya pada keinginan yang bisa menjadi sifat konsumtif. Intinya, apapun yang dilakukan, pastikan kamu sanggup dan tidak terjebak utang. 

5. Finansial Aman dengan Asuransi Kesehatan

Poin ini menjadi penting karena kesehatan berkaitan erat dengan finansial. Pastikan pondasi finansialmu aman dengan proteksi yang disediakan asuransi. Itu karena produk asuransi akan memberikan perlindungan terhadap tabungan dan investasi yang dimiliki saat terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan atau sakit. 

Hal ini tentunya melihat fakta bahwa banyak penyakit tidak terduga yang akan sangat menguras kantong. Kanker misalnya. Dengan adanya asuransi, kamu bukan hanya sedang mempersiapkan perlindungan diri secara kesehatan fisik, tapi ‘perlindungan’ terhadap mimpi, tabungan, keluarga juga tidak terganggu. 

Nah ada salah satu produk asuransi yang dapat menjadi pilihan tepatmu. Adalah FWD Cancer Protection dari FWD Insurance. Ini merupakan produk asuransi kanker online terjangkau yang hadir dengan proses digital end-to-end mulai dari pembelian hingga proses klaim. 

FWD Cancer Protection memberi empat kemudahan dalam prosesnya. Mulai dari pengajuan online yang mudah melalui situs e-commerce FWD Insurance, ifwd.co.id, hingga klaim secara online yang mudah di satu aplikasi FWD MAX. 

Produk perlindungan ini memberikan manfaat 100% uang pertanggungan apabila didiagnosis kanker, termasuk kanker stadium awal, dan bisa didapatkan dengan premi yang terjangkau mulai dari Rp10.000 per bulan. 

Sehat secara finansial kini tidak lagi menjadi hal yang sulit dicapai. Jadi, jangan hanya berharap ‘mudah-mudahan selalu aman’ tapi imbangi juga dengan berusaha melindungi diri yang sekarang sudah ‘mudah beneran’. 

Yuk, tingkatkan literasi finansialmu sehingga bisa jalani passion tanpa khawatir dan celebrate living. Informasi selengkapnya klik di sini.

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini