Sukses

Peneliti Mengidentifikasi 9 Masalah Paling Umum dalam Hubungan Cinta

Penelitian baru dari jurnal Evolutionary Psychology menemukan bahwa keintiman antara pasangan dalam hubungan cinta bisa sulit dipertahankan secara jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Kenyataannya, bahkan hubungan cinta paling romantis pun menghadapi masalah kurang lebih serupa di sepanjang jalan. Berada dalam suatu hubungan, terutama jangka panjang, bukanlah hal yang mudah.

Melansir laman AsiaOne, Senin, 16 November 2020, penelitian baru dari jurnal Evolutionary Psychology menemukan bahwa keintiman antara dua orang bisa sulit dipertahankan dalam jangka panjang.

Menurut Menelaos Apostolou dan tim peneliti, ada sederet masalah umum yang dihadapi sebagian besar pasangan dan sering kali jadi penyebab konflik dalam hubungan cinta. Dari sekian banyak, berikut beberapa yang berhasil teridentifikasi.

1. Kurang Berusaha

Kehilangan minat dalam hubungan cinta mungkin terlihat jelas ketika salah satu atau kedua belah pihak mulai menjauh. Ketika pasangan Anda tak lagi berusaha cukup untuk menjaga hubungan tetap berjalan, ada yang salah di sana. Suatu hubungan adalah jalan dua arah, tapi jika pihak lain menghalangi diri sendiri, hal ini dapat menyebabkan semuanya berakhir.

2. Pudarnya Antusiasme

Ada kalanya memelihara keintiman di antara kalian berdua bisa jadi melelahkan. Tiba-tiba Anda menemukan diri Anda kehilangan antusiasme dan energi untuk menjaga hubungan tetap berjalan. Tanpa antusiasme, perasaan romantis secara alami memudar dan bisa jadi kalian berpisah.

3. Lebih Banyak Bekerja

Bagi orang-orang yang lebih berkomitmen pada karier daripada hubungan cinta, pasangan mereka mungkin mulai merasa tersisih. Bekerja berjam-jam, termasuk jumlah waktu perjalanan Anda, dapat membatasi waktu yang dihabiskan dengan orang terkasih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Tak Punya Ruang dan Waktu untuk Diri Sendiri

Meski waktu berkualitas penting untuk dibagikan dengan pasangan, bersama satu orang terus-menerus untuk setiap momen setiap hari bisa sangat mencekik. Banyak orang membutuhkan ruang pribadi untuk memberi diri mereka bernapas sejenak sehingga begitu pasangan mereka mulai melekat dan mengontrol, mereka mungkin merasa sulit bertahan dalam hubungan.

5. Isu Karakter dan Keresahan

Banyak yang merasa sulit mempertahankan hubungan jangka panjang dengan orang-orang berkarakteristik tertentu. Komponennya tentu tak menarik bagi orang lain seperti egois dan menyimpan kegelisahan tersendiri. Mengomel dan mengeluh terus-menerus juga merupakan faktor yang dapat membuat pasangan menjauh.

3 dari 4 halaman

6. Terlalu Bergantung

Bergantung sepenuhnya pada pasangan dan selalu berusaha mengendalikannya dapat menyebabkan konflik dalam hubungan kalian. Clinginess dapat menyebabkan kecemburuan dan terlalu banyak berharap dari pasangan, di mana ekspektasi tak terpenuhi itu akan jadi jurang menganga dalam menjaga hubungan cinta.

7. Tidak Setia

Jadi seorang monogami, atau hanya memiliki satu orang tersayang, tentu penting untuk tetap setia pada pasangan Anda. Tak mampu menahan godaan dan bosan dengan pasangan pasti tak akan membantu menjaga keintiman dalam hubungan cinta kalian.

 
4 dari 4 halaman

8. Isu Lingkaran Sosial

Meski Anda benar-benar menikmati kebersamaan dengan pasangan, ketidaksukaan teman dan keluarga, atau sebaliknya, bisa berpengaruh buruk. Tetap bersama sementara semua orang di sekitar Anda tampaknya menentang dapat menyebabkan kesulitan di antara kalian berdua. Mungkin juga sulit untuk tetap bersama orang terkasih jika Anda merasa tak memiliki minat yang sama.

9. Seks yang buruk

Seks adalah bagian penting dari keintiman antara Anda dan pasangan. Tapi, ketika kalian mulai berselisih tentang seberapa sering harus berhubungan seks dan kehilangan daya tarik seksual, hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam mempertahankan hubungan cinta kalian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.