Sukses

Joe Biden Menang, Restoran Mi di China Kebanjiran Tamu

Apa kaitan kemenangan Joe Biden di Pilpres AS dengan restoran mi di China itu ya?

Liputan6.com, Jakarta - Sejak jadi presiden terpilih Amerika Serikat (AS), kabar terkait Joe Biden seketika mencuat dari seluruh penjuru dunia. Salah satunya datang dari sektor kuliner, tepatnya sebuah restoran mi bernama Yaoji Chaogan di Beijing, China.

Dilansir dari laman CNN Travel, Kamis, 12 November 2020, restoran mi ini sempat dikunjungi Biden pada 2011 lalu. Usai dinyatakan jadi pemenang pilpres AS, restoran ini dibanjiri pengunjung yang ingin mencicip sajian yang pernah dimakan Biden.

"Saya pikir itu sebagian mencerminkan bagaimana orang-orang memiliki minat pada kampanye Joe Biden," kata pemilik restoran, Yao Yan.

Ia melanjutkan, kini ketika orang datang ke Beijing, baik untuk bekerja atau bepergian, mereka tak hanya ingin melihat destinasi indah maupun situs bersejarah. "Mereka juga ingin merasakan budaya makanan Beijing. Ketika orang-orang mendengar Biden pernah ke restoran kami, mereka datang ke sini melihat apa yang ia coba sebelumnya," lanjutnya.

Saat mengunjungi Beijing, Biden yang kala itu menjabat sebagai wakil presiden AS mampir ke Yaoji Chaogan pada 18 Agustus 2011. "Kedatangannya mengejutkan dan menyenangkan para pengunjung," kata Yao.

Yao menyebutkan bahwa Biden sangat santai dan lucu. Orang-orang kala itu memberinya tepuk tangan.

"Ia memperkenalkan cucunya, lalu berfoto dan mengobrol dengan pengunjung. Ia mencicipi hidangan kami dan memberi beberapa komentar bagus soal makanan kami. Ia sebut enak," tambahnya soal pengalaman kunjungan Joe Biden.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sajian yang Dipesan

Yaoji Chaogan atau diterjemahkan sebagai "hati goreng Yao" khusus menyuguhkan chaogan, sup Beijing populer berisi hati babi dan usus. Namun, Biden ternyata tak berani mencoba jeroan.

Saat itu, Biden datang bersama timnya sekitar lima orang. Ia memesan lima piring zha jiang mian atau mi dengan pasta kacang, 10 roti kukus, smashed cucumbers, parutan kentang, dan salad ubi gunung.

Media lokal menyebut Biden meminta maaf karena mengganggu makan siang para pengunjung. Ia membayar 100 Yuan atau untuk makanan timnya sebesar 79 yuan.

Biden dilaporkan meminta restoran untuk menyimpan kembalian. Pasalnya, memberi tip adalah kebiasaan AS serta isyarat untuk membayar ketidaknyamanan yang telah mereka buat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.