Sukses

Pameran Temporer Memeringati 92 Tahun Sumpah Pemuda

Peristiwa Sumpah Pemuda sendiri adalah penanda era baru bagi sejarah perkembangan bangsa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta – Pameran temporer bertajuk “Mr. Sartono, Sang Pejuang Demokrasi” digelar oleh Museum Sumpah Pemuda mulai 28 Oktober sampai 13 November 2020 mendatang. Pameran ini diadakan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun.

Benda-benda bersejarah bukti perjuangan milik Raden Mas Sartono atau Mr. Sartono sebagai seorang tokoh Sumpah Pemuda akan dipamerkan di Ruang Pameran Temporer Mr. Sartono. Mr. Sartono adalah salah seorang tokoh perjuangan demokrasi di Indonesia.

Nama Sartono dikenal bermula ketika Polisi Kolonial Belanda mencoba menghentikan Kongres Pemuda Kedua di Jakarta karena salah seorang peserta berbicara tentang kemerdekaan. Sebagai seorang nasionalis yang juga merupakan Sarjana Hukum lulusan Universitas Leiden Belanda, Sartono tidak bergeming.

Ia kemudian mengemukakan perihal kebebasan berpendapat di muka umum yang didasari oleh pendapat para dosennya di Leiden. Polisi Kolonial Belanda kemudian dibuat tidak berkutik dan kongres dilanjutkan hingga melahirkan Sumpah Pemuda.

Titik Umi Kurniawati, Kepala Museum Sumpah Pemuda mengatakan “Pameran Temporer Mr. Sartono merupakan langkah Museum Sumpah Pemuda menyebarluaskan informasi terkait sejarah Sumpah Pemuda yang menanamkan sifat nasionalisme, kepeloporan, jiwa persatuan dan kesatuan.

Peristiwa Sumpah Pemuda sendiri adalah penanda era baru bagi sejarah perkembangan bangsa Indonesia karena isi dari Sumpah Pemuda merupakan modal dasar bagi berdirinya sebuah Negara yaitu tanah air, bangsa dan bahasa”.

Titik Umi Kurniawati menambahkan, langkah nyata tersebut diwujudkan melalui pameran koleksi terbaru yang merupakan hibahan dari keluarga Mr. Sartono semasa menjadi tokoh Sumpah Pemuda baik berupa foto dokumentasi maupun benda bukti sejarah perjuangan. Pada kegiatan ini Museum Sumpah Pemuda juga akan meluncurkan logo baru yang lebih dinamis.

Sebanyak 5.000 pengunjung ditargetkan untuk dapat menyaksikan acara ini baik secara langsung maupun virtual. Museum Sumpah Pemuda berkolaborasi dengan Rumah Millennials, sebuah komunitas anak muda yang memiliki semangat untuk berdaya, berkarya dan bermakna.

 

Komunitas yang digawangi oleh para profesional dengan beragam latar belakang ini memiliki komitmen berperan menstimulasi generasi muda untuk lebih aktif berkontribusi untuk kemajuan bangsa. Dalam kerjasamanya,

Rumah Millennials turut membantu menyukseskan rangkaian acara mulai dari menyusun konsep acara hingga mewujudkannya menjadi sebuah sajian menarik untuk dinikmati pengunjung.

Acara pembukaan pameran ini akan dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan menarik seperti talk show dengan tema “Peran Pemuda dalam Menjaga Eksistensi Bangsa melalui Ide, Gagasan, dan Kreativitas” bersama Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru Ahmad Mahendra, S.Sos, Tokoh Perfilman Dennis Adhiswara dan kelompok musik anak muda masa kini HIVI!. Penampilan dari sanggar tari Svadara dan kelompok paduan suara Jakarta Youth Choir akan turut pula menghibur para pengunjung.

Masyarakat Indonesia dapat menyaksikan upacara peringatan Sumpah Pemuda hingga rangkaian acara pembukaan pameran yang dimulai pada pukul 07.00 – 12.00 WIB melalui siaran langsung di media sosial Museum Sumpah Pemuda yaitu akun Instagram @museumsumpahpemuda dan kanal Youtube Muspada serta akun Instagram Rumah Millennials @rumah.millennials.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini