Sukses

Tampilan Ketua DPR Puan Maharani Saat Sibuk Berkebun

Liputan6.com, Jakarta -  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani sedang disorot karena ikut mengesahkan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Cipta Kerja) menjadi undang-undang pada Rapat Paripurna, Senin, 5 Oktober 2020. Pengesahkan RUU itu ternyata memicu gelombang protes dan demonstrasi di sejumlah daerah di Indonesia.

Di luar tugasnya di DPR, Puan Maharani juga punya hobi untuk menepis rasa jenuh dengan urusan pekerjaan. Salah satu hobinya adalah berkebun. Di masa pandemi ini, berkebun memang termasuk kegiatan yang kembali diminati banyak orang terutama mereka yang harus lebih banyak berada di rumah.

Putri Taufik Kiemas itu diketahui menanam aneka sayur dan buah-buahan di halaman rumahnya, seperti terong, tomat, cabai, dan belimbing. Hal itu terlihat dari sejumlah unggahan foto dan video di akun Instagram miliknya. 

Pada video yang diunggah pada 2 Agustus 2020, Puan Maharani terlihat asyik berkebun dengan mengenakan kaus dan celana berwarna biru serta memakai topi golf berwarna hitam. "Ada lagi yang suka berkebun kecil-kecilan di rumah? Relaxing lho dan bisa buat masak sendiri," ucap Puan.

Di video itu juga terlihat mantan Menko PMK itu sedang memanen beberapa sayur dan buah. "Halo saya lagi di rumah mau metik terong tapi kayaknya belum terlalu matang jadi belum bisa. Ada juga tomat ini, tomat sudah bisa dipetik, bisa buat masak sayuran," terang wanita berusia 47 tahun itu.

Beberapa tanaman di halaman rumah anak Megawati Soekarnoputri itu ia beli sudah besar dan ada buahnya. Ibu dua anak itu mengaku hanya tinggal merawatnya, menyiram, dan memberi pupuk agar tanamannya itu bisa berbuah dengan lebat.

Pada video lain yang diunggah pada 30 Agustus 2020, Puan terlihat sedang panen sawi dan aneka sayuran lainnya di halaman rumahnya.  Dengan mengenakan kaus panjang berwarna abu-abu dan topi hitam, Puan Maharani begitu antusias saat memotong sawi untuk dimasak.

"Kalau memotong sawi tidak sampai akarnya, cukup dipotong saja biar bisa tumbuh lagi. Ini ada jeruk purut, jeruk nipis, cabe. dan belimbing, inilah hasil hari ini," katanya menerangkan.

2 dari 3 halaman

Hasil Berkebun

Ia juga mengajak masyarakat untuk berkebun di rumahnya masing-masing.  "Ayo menanam pohon buah dan sayuran di halaman, taman, kebun rumah. Badan sehat dan segar karena terkena matahari pagi dan hasil berkebun juga bisa langsung dimasak," ujarnya.

Dalam unggahan lain pada 20 September 2020, Puan Maharani kembali mengunggah foto-foto hasil berkebunnya, seperti tomat, cabai dan jeruk nipis.

"Buah-buahnya di kebun hari ini ..🍅🍋🍊🌶 Seneng nya ..🌞🌺🌼," tulis Puan Maharani. Unggahan tersebut disukai lebih dari 4.800 kali dan mendapat banyak komentar dari warganet.

"Wuihhhhh suegerrr banget Mbak. Mau dooongggg..😝," komentar Hanif Dhakiri, mantan Menteri Ketenagakerjaan. "Keren banget mbak puan.. semoga sehat selalu," tulis akun @s_rafiie mengomentari unggahan tanaman Puan Maharani.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: