Sukses

Penampilan Nyentrik Mantan Profesor Berusia 83 Tahun yang Bikin Geger

Liputan6.com, Jakarta Usia boleh tua, tapi soal gaya hidup dan penampilan bisa tetap stylist dan trendy. Hal itu yang terjadi pada kakek berusia 83 tahun asal Wuhan, China, yang viral di media sosial karena penampilannya tersebut.

Melalui aplikasi Douyin dan TikTok, beredar video lelaki yang akrab disapa kakek Kang itu saat mencocokan berbagai pakaian demi terlihat seperti layaknya anak muda pemain skat, atau bergaya menyerupai penyanyi hip-hop. Ia tampil bak seorang model bergaya streetwear  dengan  semangat fashionista masih membara di usianya yang hampir mencapai satu abad itu.

“Orang-orang seusia saya biasanya memakai pakaian biasa,” katanya, dikutip dari South China Morning Post, Sabtu, 5 September 2020. “Mereka (orang lain seusianya) tidak memikirkan fesyen. Mereka memakai warna hitam, putih, atau abu-abu. Saya berbeda. Saya memiliki cara sendiri dalam mencocokkan pakaian. Saya suka memakai pakaian yang bergaya dan terlihat muda,” tambahnya.

Kakek Kang mengungkapkan bahwa orang seusianya terbiasa memperlihatkan masa pensiun mereka yang menyedihkan dan membosankan. Namun, baginya hal itu tidak selalu benar. “Saya memakai streewear karena untuk saya, ini adalah sebuah perilaku untuk terus berubah, dan terus mengikuti tren,” ujarnya.

Cucunya, Kangkang, biasanya menemaninya untuk belanja pakaian, sepatu, dan barang mode lainnya. Kangkang mengatakan bahwa keluarganya memang sangat peduli dengan fesyen, terutama Kakeknya. “Ketika saya masih kecil, saya mendapat kesan bahwa kakek saya seperti seorang pria dari sebuah film,” ujar Kangkang.

Kangkang menambahkan bahwa kakeknya pernah menjadi profesor di sebuah universitas, yang mewajibkannya mengikuti perkembangan teknologi dan mode terkini. “Dia dulunya seorang profesor universitas, dan mengajar mata pelajaran yang harus berhubungan dengan teknologi terkini, sehingga dia bisa menyebarkan ilmu itu kepada mahasiswanya,” kata Kangkang. “Menurutku, itu sebabnya dia selalu tertarik pada hal-hal baru,” imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Pesan Positif untuk Warganet

Tak hanya terlihat muda melalui cara berpakainya, tetapi ia postur tubuhnya terlihat sangat bugar. Dalam akun media sosialnya @kangye1937, ia juga membagikan resep sehatnya dengan berolahraga , seperti gym, berlatih anggar, hingga bermain basket.

Ia mengatakan sangat penting bagi orang seusianya untuk tetap berolahraga agar tubuh tetap kuat dan tidak menyusahkan keluarga dan orang terdekat. “Olahraga membuat tubuh terus bergerak, jadi Anda bisa tetap kuat. Jika Anda hanya berdiam diri di rumah tanpa melakukan apa-apa, ini akan memengaruhi kesehatan mental juga.

Terlepas dari pujian yang dia terima atas selera berpakaiannya, tak jarang ia menuai kritik tentang cara berpakaian yang terlihat berlebihan untuk usianya. Namun, ia tidak membiarkan komentar negatif memengaruhinya.

“Banyak orang menghargai gaya hidup saya,” imbuh Kang. “Beberapa orang mengatakan bahwa saya terlalu tua untuk mengenakan pakaian mewah ini. Saya tidak setuju. Pakaian Anda mencerminkan sikap Anda serta perasaan Anda. Saya hanya ingin bergaya. Saya tidak peduli apa yang mereka katakan."

Bersama dengan cucunya, Kakek Kang ingin menggunakan media sosial untuk memberikan pandangan positif kepada pengikutnya dan warganet lainnya sejak menjadi guru dan pensiun.

“Kami ingin menyebarkan pesan bahwa kita semua hidup untuk diri kita sendiri. Ya, terkadang kamu merasa terganggu dengan pendapat orang lain, tapi bahagia adalah yang terpenting,” tutupnya (Brigitta Valencia Bellion)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: