Sukses

Ide Unik Restoran Ganti Boks Pizza Konvensional Jadi Kotak Anyaman

Perpindahan ke kotak anyaman dari boks pizza konvensional ini berdampak pada pemberdayaan pengrajin lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Sekali dayung, dua tiga pulau terlewati. Istilah itu kiranya tepat merepresentasi apa yang dilakukan sebuah restoran pizza asal Cavinti, Filipina bernama BrickOven. Pihaknya dilaporkan mengganti boks pizza konvensional jadi kotak anyaman.

Melansir laman video South China Morning Post, Selasa (18/8/2020), pizza-pizza pesanan mereka diantarkan ke pelanggan dalam kotak lebih ramah lingkungan disebut tampipi. Daun pandan yang jadi bahan kotak anyaman awalnya hanya dipakai untuk membuat topi maupun tambahan bahan memasak.

"Kotak tampipi dicanangkan saat kami mulai kehabiskan boks pizza konvensional yang biasanya kami dapatkan dari Manila. Kami pun berpikir apa yang bisa kami manfaatkan dari sekitar," kata owner BrickOven Restaurant, Denisse Porca.

Bisnis utama di lokasi restorannya beroperas adalah topi anyaman. Mereka pun berinisiatif memesan produk anyaman, hanya saja bukan dalam bentuk topi seperti klien lain, namun boks pizza.

"Kami pun bertanya apakah pengrajin bisa membuat boks pizza terbuat dari daun pandan. Mereka kemudian membuat contoh produk dan kami sangat suka dengan hasilnya," imbuh Porca.

Pihak restoran akhirnya memutuskan untuk terus menggunakan boks pizza dalam bentuk kotak anyaman daun pandan, walau supply sudah bisa didapat kembali. Kemasannya kian cantik dengan tali penutup terbuat dari material serupa, ditambah bunga sebagai pemanis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Pengrajin Lokal

Selain lebih ramah lingkungan, keputusan mengganti boks pizza dengan kotak anyaman pun membantu para pengrajin menanggung dampak pandemi. Sebagaimana sektor lain, bisnis ini pun harus menanggung dampak krisis kesehatan global.

"Kami bantu komunitas kami, warga lokal di komunitas Laguna untuk punya pemasukan selama pandemi demi memenuhi kebutuhan sehari-hari," Porca menjelaskan.

Pelanggan pun menyambut baik langkah ini. Di samping unik, sentuhan bunga pada kemasan pizza disebut membuatnya lebih rustic. Kotak anyaman ini pun hadir dalam berbagai ukuran demi mengakomodir ragam pesanan pizza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.