Sukses

Terobosan Smartwatch Tenaga Surya, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Garmin Indonesia telah secara resmi merilis teknologi pengisian daya tenaga surya pada Instinct, fenix 6, dan 6S sebagai seri smartwatch premium untuk petualang. Penambahan fitur terbaru ini memungkinkan pengguna melakukan hal yang mereka gemari lebih lama.

Pasalnya, berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin, 10 Agustus 2020, terdapat peningkatan daya tahan baterai secara signifikan dan beragam fungsi untuk kegiatan khusus. Seperti berselancar, bersepeda gunung, dan mendaki.

"Selain kemampuan pengisian daya tenaga surya, beberapa edisi ini dilengkapi fitur-fitur terbaru yang unik. Dari beragam pola desain kamuflase, hingga profil aktivitas baru, Garmin menghadirkan inovasi baru bagi semua orang melalui serangkaian seri smartwatch Garmin yang kini telah disematkan panel surya," ucap Direktur Garmin Asia, Scoppen Lin.

Instinct Solar dapat mempertahankan daya tahan baterai tanpa batas dengan dukungan paparan matahari memadai dan pengaktifan mode Battery Saver. Menggunakan Expedition Mode, serta paparan sinar matahari yang memadai, Instinct Solar diklaim sanggup meningkatan fungsi GPS dan mempertahankan daya tahan baterai hingga lebih dari dua bulan.

Seri Instinct Solar juga dapat digunakan hingga 24 hari dalam mode smartwatch di dalam ruangan, dan lebih dari 50 hari dengan paparan sinar matahari memadai. Pengguna dapat mengatur tingkat daya tahan baterai dengan cepat melalui fitur Power Manager Instinct Solar yang terintegrasi.

Instinct Solar Surf Edition didesain khusus dengan fitur selancar eksklusif. Seperti data pasang surut air laut dan aktivitas spesifik selancar untuk membantu pengguna memaksimalkan setiap gelombang.

Dengan ketinggian air 100 meter, Instinct Solar Surf Edition juga merupakan multisport smartwatch untuk rekreasi air. Sedangkan, Instinct Solar Tactical Edition, yang populer dengan standar militer, dilengkapi berbagai fitur khusus untuk aktivitas taktis, seperti kompatibilitas goggle night-vision dan mode Stealth.

Selain aktivitas luar ruangan dan pelacak kesehatan yang telah tertanam di smartwatch Instinct, edisi Instinct Solar juga menyertakan Pulse Ox2 untuk mengukur kemampuan pengguna dalam menyerap oksigen dan Body Battery untuk mengoptimalkan cadangan energi tubuh melalui matrik pemantauan kesehatan.

2 dari 3 halaman

Berapa Harganya?

Dalam aktivitas sepeda gunung, fiturnya berfungsi untuk melacak detil setiap perjalanan dengan metrik bersepeda gunung (MTB) ditambah pengukuran grit dan jalur khusus yang menilai kesulitan rute. Juga seberapa lancarnya pengguna menurun, memberikan skor untuk dikalahkan di waktu akan datang.

Kemudian, pendakian dalam ruangan. Terdapat profil aktivitas pendakian dalam ruangan yang memungkinkan pendaki melacak sesi mereka di fasilitas dalam ruang. Metrik ini termasuk jumlah rute, jarak vertikal yang didaki, waktu pendakian, dan kesulitan setiap rute.

Pada seri fēnix 6 - Solar Editions juga terdapat Advanced Sleep Monitoring yang memberikan rincian lengkap tahapan tidur pengguna mulai dari tidur ringan, tidur pulas, hingga REM (Rapid Eyes Movement), serta Pulse Ox dan Breathwork Activity.

Terdapat pula peta topografi untuk petualangan di luar ruangan, peta ski yang mencakup lebih dari dua ribu resort ski di seluruh dunia, serta lebih dari 41 ribu lapangan golf. Seri fēnix 6 memiliki ruang penyimpanan musik di perangkat hingga dua ribu lagu.

Instinct Solar tersedia dengan pilihan warna Graphite, Tidal Blue, Orchid, Sunburst, dan Flame Red. Sedangkan Instinct Solar Tactical Edition tersedia dengan warna Hitam, Moss, Graphite Camo, dan Lichen Camo. Lalu, Instinct Solar Surf Edition akan tersedia dalam Pipeline dan Cloudbreak.

fēnix 6 Pro Solar Edition tersedia dalam warna Hitam dengan Slate Grey Band dan Cobalt Blue beraksen Whitestone Band. Sedangkan, fēnix 6S Pro Solar Edition tersedia dalam Light Gold dengan Shale Grey Band dan Purple dilengkapi Shale Band.

Harga retail yang disarankan mulai dari Rp5,999 juta untuk Instinct Solar Edition dan Rp13,499 juta untuk fēnix 6S dan 6 Solar Editions.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: