Sukses

Galapagos Kembali Buka Pintu untuk Turis

Kawasan wisata dan cagar alam di Kepulauan Galapagos sudah tutup sejak Maret akibat pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Per Senin, 13 Juli 2020, Kepulauan Galapagos telah kembali membuka atraksi turis dan cagar alam laut di kawasan tersebut. Melansir laman Channel News Asia, Selasa, 14 Juli 2020, destinasi ini sudah tutup sejak Maret lalu sebagai dampak pandemi.

"Di bawah protokol biosecurity, kami membuka kembali situs kunjungan @parquegalapagos untuk berkontribusi pada revitalisasi ekonomi setempat," tulis Menteri Lingkungan Ekuador Paulo Proano di akun Twitter-nya, Senin, 13 Juli 2020.

Proano menyambung, setiap palancong yang datang ke Galapagos harus menggunakan masker dan secara rutin mengaplikasikan hand sanitizer. "Di obyek wisata yang dekat dengan pelabuhan-pelabuhan sibuk, maksimal kunjungannya hanya tiga jam," sambungnya.

Situs Warisan Dunia UNESCO ini sendiri sudah secara bertahap membuka pantai-pantainya hanya untuk residen sejak Mei. Waktu ini berbarengan dengan pengangkatan kebijakan pembatasan wilayah di Ekuador.

Hanya enam pantai di Taman Nasional Galapagos yang diizinkan kembali buka untuk maksimal kunjungan selama tiga jam. Kawasan archipelago ini, dengan jumlah penduduk sekitar 30 ribu jiwa, mencatatkan 100 kasus infeksi COVID-19.

Sementara, di daratan utama Ekuador 68,5 ribu kasus virus corona baru dilaporkan dengan kematian lebih dari lima ribu jiwa. Pemerintah juga melaporkan kematian 3.277 lain yang masih diduga karena virus. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesona Galapagos

Berlokasi di Samudra Pasifik, sekitar seribu kilometer (km) dari pesisir Ekuador, Kepulauan Galapagos terkenal karena penelitan naturalis abad ke-19 asal Inggris, Charles Darwin.

Dalam studi tersebut, dijelaskan bahwa keberagaman biota, baik di darat maupun laut, di kawasan ini sangat mengagumkan. Pada 2019, wilayah ini mencatat kunjungan 271.200 turis.

Cara umum penjelajahan Galapagos dilakukan dengan berlayar. Dengan begitu, perpindahan dari satu pulau ke yang lain bisa lebih mumungkinkan. Juga, turis dapat menikmati baik panorama laut maupun darat dengan sedikit trekking saat bertandang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.