Sukses

Ketahui Kiat Imunisasi Anak di Masa Pandemi

Orangtua harus memperhatikan beberapa hal terkait imunisasi anak di tengah masa pandemi corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kekhwatiran orangtua tak dapat ditampik ketika harus membawa buah hati ke luar rumah, seperti ke fasilitas kesehatan untuk imunisasi di masa pandemi corona Covid-19 seperti saat ini.

Dokter spesialis anak, Citra Amelinda, memaparkan bahwa ada sederet hal yang perlu jadi perhatian orangtua ketika mengajak buah hati imunisasi di masa pandemi. Satu di antaranya vaksinasi sebaiknya ditunda terlebih dulu jika anak demam atau batuk.

"Prinsip physical distancing saat memilih tempat imunisasi, kita batasi harus jarak dua meter, jangan terlalu banyak kerumunan, kita harus mengatur jam kedatangan sehingga sebelum ayah dan ibu pergi vaksin sebaiknya buat janji dulu ke kliniknya," kata Citra dalam bincang-bincang daring, Kamis, 4 Juni 2020.

Citra menyampaikan, penting untuk memastikan terlebih dulu ketersediaan vaksin sesuai usia anak di fasilitas kesehatan hingga vaksin apa yang dibutuhkan.

"Baru buat janji dengan klinik atau rumah sakit yang dituju. Pastikan vaksinnya ada, dokternya ada, jadi anak tidak menunggu lama. Datang sudah pasti langsung dikerjakan," tambahnya.

Selain itu, dikatakan Citra, pilih juga fasilitas kesehatan yang memisahkan poli anak sehat dan sakit.

"Kadang-kadang ada fasilitas kesehatan yang memisahkan dalam satu waktu, hari-hari tertentu hanya khusus menerima anak sehat, hari tertentu terima anak sakit," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fasilitas Kesehatan

"Alur keluar masuknya harus dijaga, jadi kadang-kadang anak itu waktu dari rumah tidak kenapa-kenapa, begitu sampai demam. Pilihlah rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang memang sudah screening di depannya, ukur suhunya," kata Citra.

Ia menegaskan untuk memilih fasilitas kesehatan yang meminimalisir kontak tidak perlu. Jika memungkinkan, administrasi diselesaikan sebelumnya juga konsultasi dapat dilakukan menggunakan komunikasi jarak jauh.

Tak kalah penting adalah memastikan kebersihan fasilitas kesehatan tersebut. "Faskes yang bersih yang disinfeksi ruangan, taraf layanan kesehatannya sudah menggunakan APD," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini