Sukses

Cara Tetap Aman dari Corona Covid-19 di Kolam Renang dan Pantai

Beberapa cara bisa diterapkan saat berkunjung ke kolam renang dan pantai agar tetap aman dari corona Covid-19. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Liburan ke pantai atau kolam renang jadi salah satu aktivitas yang digemari banyak orang. Namun, akibat pandemi corona Covid-19 sejumlah pantai di dunia ditutup, begitu juga dengan kolam renang umum.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindar dari penyebaran Covid-19. Namun, beberapa negara mulai melonggarkan lockdown. Lalu, bagaimana agar liburan ke pantai dan kolam renang tetap aman di tengah pandemi corona Covid-19?

Mengutip USA Today, Kamis, 28 Mei 2020, Joseph Khabbaza, seorang dokter paru dan perawatan kritis di Klinik Cleveland, mengatakan praktik ke pantai maupun kolam renang diterapkan sama saat pergi untuk membeli keperluan ke toko kelontong. 

Khabbaza, yang merawat pasien Covid-19 mengatakan kontak terus-menerus dan dekat dengan orang lain berpotensi menularkan virus. Oleh karena itu, kapasitas kolam renang maupun pantai harus dibatasi, meski di pantai lebih mudah untuk menjaga jarak.

Khabbaza mengatakan kegiatan di luar ruangan bisa relatif lebih aman daripada yang di dalam ruangan karena kesempatan untuk menjaga jarak lebih besar. Mereka yang berkunjung ke kolam renang atau pantai harus tetap mencuci tangan dengan sabun. Mereka harus memakai masker wajah, meskipun tidak di dalam air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlengkapan yang Perlu Dibawa

Berikut bebrapa barang yang perlu dibawa saat berenang atau ke pantai, seperti masker, pembersih tangan, tisu disinfektan, handuk pribadi, dan perlengkapan berenang.

Pakai Masker

CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menyarankan bahwa operator kolam renang mendorong penggunaan masker kain yang layak dan tetap jaga jarak. Namun, tidak disarankan bagi perenang untuk mengenakan masker saat berada dalam air karena akan membuat sulit bernapas. Penggunaan masker hanya saat mereka belum berenang.

CDC juga menyarankan agar operator kolam mengubah tata letak area tempat duduk sehingga pengunjung berjarak dengan pengunjung yang lain. Perenang harus menjaga jarak dari siapa pun. 

Tutup Mulut Saat Batuk 

CDC menginstruksikan operator kolam renang untuk mendorong semua staf dan pelanggan untuk mencuci tangan dan menutup mulut saat batuk dan bersin. Khabbaza mencatat bahwa Covid-19 menyebar melalui tetesan dari batuk, bersin, atau bahkan saat berbicara.

Desinfeksi

Pedoman CDC juga mengharapkan staf kolam renang untuk secara teratur mendesinfeksi permukaan kolam renang dan ruang ganti. Di kolam renang, area bersentuhan tinggi harus didesinfeksi secara teratur.

Untuk fasilitas kolam renang yang menyediakan keperluan pelanggan, CDC menyarankan untuk mencucinya dengan suhu air hangat dan kemudian membiarkannya benar-benar kering. Peralatan kolam renang dan barang-barang lainnya didesinfeksi sebelum diberikan kepada pengguna berikutnya dan disimpan terpisah dari yang belum dibersihkan.

Bawa Handuk Sendiri

Pengunjung harus membawa handuk pribadi. Jangan memberikan kacamata atau perlengkapan yang lain kepada orang lain.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.