Sukses

Cara Aman Menyimpan dan Mengolah Telur

Telur menjadi sumber protein yang relatif mudah diperoleh dengan harga terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta - Telur, sumber protein yang relatif mudah didapat dengan harga murah. Telur juga banyak disukai orang lantaran bisa dibuat jadi macam-macam sajian.

Namun, telur harus diperlakukan dengan baik. Bila tidak disimpan dengan baik, akan rawan terkontaminasi bakteri.

Bakteri tersebut biasanya berada pada bagian cangkangnya. Jika dibiarkan, kemungkinan besar bakteri ini akan menyebar ke makanan lain yang berada di dekatnya.

Oleh karena itu, menyimpan bahan makanan ini harus dilakukan dengan tepat agar kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Berikut adalah beberapa tips aman mengolah telur yang bisa Anda lakukan seperti dirangkum oleh tim Ngovee dari Jovee.

1. Simpan telur di tempat yang sejuk

Jika berencana menyimpan bahan makanan ini dalam jumlah yang banyak, hal yang dilakukan adalah dengan menyimpannya di tempat yang sejuk. Anda harus menyimpan bahan makanan ini di dalam kulkas. Hal ini harus dilakukan agar bakteri tidak mudah masuk melalui bagian cangkangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Segera Konsumsi Setelah Dimasak

Agar kandungan nutrisi tetap terjaga, hal lain yang perlu diperhatikan adalah langsung mengonsumsi telur yang sudah diolah. Jika sudah melalui proses pengolahan, telur tidak bisa bertahan lama. Selain itu, olahan telur yang terlalu lama dibiarkan bisa menurun kandungan nutrisinya dan meningkatkan kontaminasi bakteri.

3. Selalu cuci tangan sebelum mengolahnya

Paparan bakteri juga dapat masuk melalui tangan. Sebelum mengolahnya, hendaknya untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun agar tangan terbebas dari paparan kuman dan juga bakteri.

4. Selalu cek kondisi cangkang

Kondisi cangkang juga mengindikasikan apakah bahan makanan yang satu ini tergolong bagus atau tidak. Jangan membeli telur yang yang cangkangnya sudah retak.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini