Sukses

4 Manfaat Telur yang Tak Terduga, Tak Semata Memberi Asupan Protein

Liputan6.com, Jakarta - Telur sepertinya sudah menjadi lauk sehari-hari kebanyakan masyarakat Indonesia. Selain bergizi, harganya yang murah juga menjadi alasan banyak masyarakat yang mengkonsumsi bahan yang satu ini.

Banyak orang yang mengetahui bahwa telur mengandung protein yang baik untuk tubuh. Namun, telur memiliki berbagai manfaat lain yang tak kalah hebat dan sangat bermanfaat. Lalu apa saja manfaat yang terkandung di dalamnya? Berikut ulasannya seperti dirangkum tim Ngovee dari Jovee.

● Membantu asupan nutrisi pada tubuh

Kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh seperti vitamin B, mineral, dan juga DHA. Sementara, bagian kuningnya mengandung banyak vitamin D yang berperan penting untuk memperkuat struktur tulang, gigi, dan juga mempermudah penyerapan kalsium dalam tubuh.

Selain itu, bagian kuningnya mengandung banyak vitamin D yang tentunya sangat bagus untuk memperkuat tulang dan gigi. Mengonsumsi telur setiap hari juga akan membantu mencukupi asupan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

● Menstabilkan kadar kolestrol dalam darah

Walaupun tergolong ke dalam bahan makanan yang mengandung lemak, telur dapat dikonsumsi untuk menstabilkan kadar kolestrol di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan lemak jenuh yang terkandung didalamnya tergolong kecil yaitu hanya berkisar 1,6 gram.

Kebanyakan orang yang berkadar kolestrol tinggi menjauhi makanan ini, padahal kandungan lemak dalam telur termasuk ke dalam lemak sehat yang menstabilkan kadar kolestrol didalam tubuh. Selain itu, lemak yang ada di dalamnya hanya sebagian kecil saja yang mencapai peredaran darah sehingga tidak akan membahayakan tubuh.

 

 

2 dari 3 halaman

Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ krusial pada tubuh. Maka itu, menjaga kesehatan jantung sejak dini sangat penting untuk dilakukan.

Para penderita jantung disarankan untuk mengonsumsi telur setidaknya 1-4 butir dalam seminggu bila dikonsumsi telur utuh, baik putih maupun kuning. Namun jika konsumsi hanya bagian putihnya, tidak ada batasan tertentu untuk mengonsumsinya karena putih telur mengandung lemak yang lebih rendah dibanding dengan bagian kuning.

● Sebagai konsumsi diet

Program diet biasanya dijalankan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Telur dapat digunakan sebagai salah satu bahan makanan yang bisa dikonsumsi saat diet karena hanya mengandung 80 kalori.

Hal ini dikarenakan telur mengandung protein yang tinggi dengan kadar lemak yang rendah. Telur juga sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan yang mengenyangkan.

Namun, adanya manfaat yang sangat besar darinya tidak serta merta menjadikan dapat menyajikannya secara sembarangan. Telur termasuk ke dalam bahan makanan yang rentan terpapar bakteri.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Unik, Potret Kompakan Baju Lebaran Ala Netizen