Sukses

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Orang Berusia 50-an

Seiring bertambahnya usia orang tua dan kakek-nenek, tugas kita adalah merawat mereka dan memastikan kebutuhan nutrisi harian mereka terpenuhi.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak masih anak-anak, kita telah dibimbing untuk mengonsumsi makanan sehat. Hal ini dilakukan untuk memastikan tubuh mendapat proporsi nutrisi yang tepat yang dibutuhkan saat tumbuh.

Dilansir dari Indian Express, Senin, 18 Mei 2020, jika Anda atau anggota keluarga berusia 50-an, penting untuk memastikan bahwa kebutuhan nutrisi harian terpenuhi. Di bawah ini adalah lima makanan yang harus ditambahkan ke menu makanan anggota keluarga yang berusia 50-an atau lebih, untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Lantas, apa saja kelima makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi itu? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Kacang almond

Penelitian global menunjukkan bahwa konsumsi almond setiap hari dapat berdampak positif pada diabetes tipe 2, kesehatan jantung dan manajemen berat badan.

Adapun deretan masalah kesehatan di atas adalah semua masalah yang relevan, terutama untuk orang-orang berusia 50-an. Almond mengandung 15 nutrisi utama seperti vitamin E, magnesium, protein, riboflavin, zinc.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Yogurt

"Yoghurt seharusnya baik untuk tulang dan juga dikenal untuk membantu penurunan berat badan. Yoghurt sarat dengan bakteri baik atau probiotik yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan," kata Ritika Samaddar, Regional Head - Dietetics, Max Healthcare, Delhi.

Ia menambahkan, dipenuhi dengan zat gizi mikro seperti zinc, kalium dan vitamin D, mengonsumsi yogurt membantu mengendalikan tekanan darah, dan juga membangun kekebalan. Semua nutrisi ini penting bagi orang berusia 50-an.

3 dari 6 halaman

3. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh mengandung serat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kadar kolesterol darah.

Pastikan untuk menambahkan biji-bijian utuh seperti gandum utuh, oatmeal, millet, beras merah, dan lainnya ke dalam makanan, karena mereka juga membantu mengendalikan nafsu makan seseorang.

4 dari 6 halaman

4. Telur

Makanan sarapan populer ini juga berhubungan dengan manajemen berat badan. Telur dikemas dengan protein, vitamin D, dan kolin berkualitas tinggi. Selain itu, telur mengandung asam amino yang membantu menjaga kekuatan otot tubuh.

Telur juga merupakan sumber vitamin B12 dan folat, nutrisi yang dikenal untuk mencegah hilangnya memori. Karena itu, pastikan untuk melayani anggota keluarga Anda yang lebih tua, sebutir telur setiap hari dalam bentuk apa pun yang mereka sukai.

5 dari 6 halaman

5. Sayuran hijau

Fakta yang terkenal bahwa sayuran berdaun hijau sangat bergizi. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga dikenal memiliki tingkat penurunan kognitif yang lebih rendah, yang menjadikannya pilihan yang baik terutama bagi orang yang berusia 50 tahun ke atas.

Sayuran seperti selada dan kol kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, magnesium, serat dan rendah kalori, menjadikannya sebagai tambahan makanan yang baik. Tambahan bagus lainnya adalah bayam.

Jus bayam tinggi kalium, magnesium dan juga mengandung antioksidan yang membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan mata. Jadi pastikan orang tua dan kakek-nenek Anda memiliki cukup banyak sayuran berdaun hijau sepanjang minggu.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini