Sukses

4 Tips Potong Rambut Sendiri Saat di Rumah Aja

Liputan6.com, Jakarta - Berkunjung ke salon untuk melakukan perawatan rambut kini sangat sulit dilakukan karena adanya social distancing maupun di rumah aja dalam rangka mencegah penyebaran pandemi corona Covid-19. Sebagian besar salon juga tutup sementara karena sepi pengunjung.

Bagi beberapa orang yang sudah gerah punya rambut panjang, ini bisa menjadi masalah. Pasalnya, hasil dari memotong rambut sendiri belum tentu rapi.

Mungkin Anda bisa minta tolong anggota keluarga yang lain, tapi rasanya tak banyak orang punya keahlian memotong rambut dengan rapi. Di sisi lain, ada sebagian orang yang sekadar ingin mengubah gaya rambut karena bosan di rumah saja. Padahal, memotong rambut bukan perkara mudah.

Dilansir dari laman Elite Daily, Senin, 13 April 2020, salah seorang penata rambut dan pendiri Trademark Beuaty, Joseph Maine juga mengatakan pentingnya memotong rambut.

"Saya pikir penting bagi orang-orang untuk tahu jika memotong rambut mereka sendiri berarti ada konsekuensi enam bulan atau lebih untuk memperbaikinya lagi," terangnya.

Sayangnya, terlepas dari nasihat para penata rambut, tetap ada orang-orang yang sudah tidak tahan dan ingin potong rambut sendiri selama kita di rumah aja. Kalau memang ingin potong rambut sendiri, simak lebih dulu empat tips berikut ini.

1. Pakai peralatan yang tepat

Untuk memulai, pastikan Anda punya gunting yang tepat agar potongan rambut Anda rapi. Jangan gunakan gunting dapur atau gunting khusus kerajinan.

Pasalnya, gunting macam ini bisa membuat potongan rambut tidak akurat.Untuk gantinya, cobalah untuk menggunakan gunting khusus rambut yang dijual secara online atau bisa dibeli di apotek.

2. Keringkan rambut lebih dulu

Saat di salon, biasanya kita memulai proses memotong rambut dengan keramas lebih dulu. Tapi jangan disamakan kalau dilakukan di rumah. Potonglah rambut Anda dalam keadaan kering.

Alasannya, karena rambut basah akan terlihat lebih panjang dan Anda akan lebih sulit menentukan berapa banyak yang harus dipotong. Selain itu, rambut yang bercabang akan lebih terlihat dalam kondisi kering. Dengan begitu, Anda bisa tahu bagian mana saja yang harus dipotong.

2 dari 3 halaman

3. Pelajari teknik memotong

Pelajari dulu teknik potong rambut yang satu ini. Untuk pemilik rambut lurus dan bergelombang, bagilah rambut Anda menjadi dua dan biarkan rambut menjuntai di atas pundak.

Untuk memotong rambut sisi kanan, telengkan kepalamu ke kiri dan mulailah menggunting lurus. Alternatif lainnya, gunakan ujung gunting untuk memotong secara vertikal.

Gunakan tangan Anda yang lain untuk memegang sisir paling tidak 2,5 cm di atas rambut yang ingin dipotong. Sedangkan untuk pemilik rambut keriting, potonglah hanya ujung-ujung rambut yang mati untuk merapikan penampilan Anda.

4. Jangan berharap membuat model rambut layer

Terakhir, ingatlah kalau Anda bukan seorang penata rambut profesional. Ini artinya, jangan coba-coba bereksperimen membuat model rambut tertentu. Salah satunya adalah model rambut layer yang akan sulit dibenarkan kalau sampai salah memotong.

Selama di rumah saja, memotong rambut agar terlihat rapi dan menyingkirkan rambut bercabang atau rambut mati rasanya sudah cukup. Setelah itu tinggal berharap pandemi corona cepat berlalu dan Anda bisa pergi ke salon lagi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: