Sukses

Kata Psikoterapis tentang Temukan Harapan di Tengah Ketidakpastian Pandemi Corona COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Menemukan harapan nyata bukan tentang pemikiran optimis atau memaksa diri percaya bahwa semuanya akan baik-baik saja. Dalam situasi pandemi corona COVID-19, realitanya jauh dari deskripsi itu.

Menurut psikoterapis Maura Matarese, seperti dilansir dari laman Your Tango, Rabu, 8 April 2020, menemukan harapan sesungguhnya di tengah krisis adalah soal berkomitmen pada latihan yang memungkinkan Anda merasa berharga, tersahkan, dan dapat mengatasi keresahan dengan benar.

Komitmen dalam bentuk latihan inilah yang dikatakan Matarese sebagai harapan nyata di tengah ketidakpastian kondisi penyebaran corona COVID-19. Latihan ini disebutkan dengan masuk ke dalam 'Zona Harapan'.

Caranya, pertama, tutup mata dan cari titik ketegahan di tubuh. Kemudian, tarik napas dalam-dalam secara teratur dan lihat apakah tekanan itu bisa dilepaskan seiring harmoni napas. Letakkan satu tangan di dada dan tangan satuya di perut, tahan posisi ini untuk 10--20 tarikan napas.

Kemudian, tanyakan pada diri sendiri, "Bila saya tak panik, apa yang sebaiknya saya lakukan?". Fokuskan pikiran pada kegiatan bermanfaat yang bisa Anda lakukan. Dengarkan respons tubuh dan terima semua kecemasan yang dirasakan.

Kemudian, tuliskan poin-poin tersebut dan ambil waktu lima menit untuk memerhatikan keresahan tersebut. Setelah selesai, tutup mata dan ikuti harmoni napas Anda setidaknya 10--20 kali. Buka mata dan sadari perubahan dalam diri, biarpun sedikit.

"Coba terus metode ini sampai Anda benar-benar merasa terkoneksi dengan tubuh. Menjaga diri sendiri adalah harapan nyata yang bisa kita lakukan bersama-sama di masa pandemi virus corona baru," ucapnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus pada Solusi

Matarese menjelaskan, saat sseorang sudah bisa mengendalikan semua kegelisahan dan menyalurkannya ke kebiasaan solutif, itulah tujuan sebenarnya latihan masuk ke 'Zona Harapan' di tengah pandemi corona COVID-19. 

Sekarang adalah momen paling tepat bagi Anda untuk melihat apa saja yang berharga. "Harapan nyata itu harus kita ciptakan dengan membuat pilihan-pilihan yang menguntungkan diri kita," ucap Matarese.

Sebagai akhir penjelasan, ia mengutip frasa, "Matahari akan terbit dan tenggelam. Perlahan berjalan tahun ini. Satu musim akan disusul dengan musim lain, dan itu akan dipenuhi baik oleh kebahagiaan maupun kesedihan."

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Melihat Hijaunya Yulin, Kota Hutan di China