Sukses

4 Tips Berat Badan Tak Bertambah Selama Social Distancing dan WFH

Liputan6.com, Jakarta -  Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut langkah social distancing atau menjaga jarak antar individu jadi perilaku penting dalam memerangi pandemi corona COVID-19.

Beberapa daerah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta, sudah menerapkan kebijakan tersebut, sekaligus mendorong warganya belajar, berdoa, dan bekerja dari rumah alias Work from Home (WFH). 

Ada tantangan tersendiri berkaitan situasi tersebut. Sebab, dengan lebih banyak di rumah, berat badan dipercaya gampang bertambah karena keterbatasan bergerak.

Juga, orang cenderung lebih mudah menyiapkan berbagai jenis camilan, seperti kue, cookie, berbagai keripik, es kopi susu, bahkan boba supaya kerja jadi lebih semangat. Karenanya, mengutip Misskyra, Selasa, 24 Maret 2020, ada empat tips mencegah berat badan naik selama social distancing maupun WFH.

Atur jam makan

Karena berada di rumah, Anda mungkin bisa makan kapanpun. Karenanya, mulailah atur pola dan jam makan seperti berada di kantor agar jam makan kembali normal. Pastikan juga Anda selalu mengonsumsi makanan sehat, bukan junk food, selama di rumah.

Makanan yang mengenyangkan

Saking asyik bekerja di rumah, terkadang sampai lupa waktu makan dan memilih mengonsumsi camilan tak sehat. Dampaknya, seseorang jadi mudah kenyang tanpa mengonsumsi makanan bergizi.

Kalau memang ingin mengonsumsi camilan atau pengganjal perut, pilihlah buah-buahan kering, buah-buahan segar, maupun salad yang membuat berat badan tak bertambah.

2 dari 2 halaman

Mengatur Camilan

Mulai sekarang, berhati-hatilah saat membeli camilan. Perhatikan dulu tabel rincian kandungannya. Lalu, usahakan jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan ringan mengandung bahan pengawet dan MSG. Dengan begitu, tubuh tetap sehat dan berat badan sukar bertambah.

Membuat catatan makan

Cara ini cukup berguna agar tahu asupan makan yang dikonsumsi setiap hari. Jadi, Anda tahu makanan apa yang sehat dan tidak sehat yang sudah masuk perut. Dengan menjalani pola makan yang sehat selama social distancing dan WFH, Anda tetap fit, bugar, dan berat badan tidak bertambah.

Melihat Megahnya Kuil Naga Raksasa di Thailand
Loading
Artikel Selanjutnya
Aksi Menghibur Pramugari Saat Penerbangan Sepi Dampak COVID-19
Artikel Selanjutnya
Potret Memilukan untuk Ingatkan Publik Tak Lakukan Panic Buying