Sukses

6 Kebiasaan yang Bisa Mengganggu Kualitas Tidur

Liputan6.com, Jakarta -  Salah satu cara yang diyakini bisa membuat tubuh kita tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit dan virus seperti corona, adalah tidur yang cukup.

Orang dewasa rata-rata membutuhkan tujuh sampai delapan jam tidur setiap hari. Namun kebiasaan dan gaya hidup dapat mengganggunya. Menurut National Institute For Health, gangguan tidur bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan fisik dan mental.

Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

1. Makan malam terlambat

Jika Anda makan malam setelah pukul 22.00, itu akan memengaruhi kualitas tidur Anda. Penting bagi Anda untuk berusaha agar tidak makan malam setelah pukul 10 malam. Sebaiknya juga jangan mengonsumsi jeruk di malam hari karena bisa membuat perut mulas.

2. Tidur dengan perut kosong atau terlalu kenyang

Meski dianjurkan jangan makan terlalu malam, Anda sebaiknya juga jangan tidur dengan perut kosong atau perut kenyang. Tidur dalam keadaan lapar akan membuat tidur kurang nyenyak dan badan terasa lemas.

Makan terlalu banyak saat makan malam juga tidak akan membuat Anda tidur nyenyak. Tunggulah sampai dua atau tiga jam setelah makan malam untuk tidur.

3. Bermain ponsel di tempat tidur

Cahaya yang keluar dari gawai atau ponsel Anda bisa memengaruhi ritme sirkadian tubuh dan merangsang produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan.  Hal ini bisa membuat Anda susah tidur atau terjaga lebih lama sepanjang malam.

2 dari 3 halaman

4. Berolahraga sebelum tidur

Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat Anda langsung tertidur. Namun, jika Anda berolahraga sesaat sebelum tidur, itu akan memengaruhi tidur dan membuat Anda tidak nyenyak. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari.

5. Mencuci wajah dengan air dingin

Mencuci wajah dengan air dingin sebelum tidur dapat memengaruhi tidur. Alasannya, air dingin merangsang tubuh melepaskan energi untuk membuat tetap terjaga. Jadi, disarankan untuk membasuh wajah dengan air hangat sebelum tidur.

6. Minum kopi

Banyak orang minum kopi di pagi atau sore hari. Tapi tak sedikit juga yang minum kopi sebelum tidur. Kebiasaan itu bisa mempengaruhi tidur Anda.

Karena itu beberapa orang sengaja minum kopi di malam hari agar tidak cepat tertidur. Kandungan kafein dalam kopi bekerja sebagai stimulan yang meningkatkan kewaspadaan yang dapat mengganggu tidur Anda.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: