Sukses

Piramida Dibuka Kembali Usai Restorasi Selama 14 Tahun

Mesir kembali membuka Piramida tertua setelah menjalani bertahun-tahun restorasi.

Liputan6.com, Jakarta - Piramida di Mesir kembali dibuka untuk umum pada Kamis, 5 Maret 2020 setelah menjalani restorasi selama 14 tahun. Adapun proyek ini menelan biaya hampir 6,6 juta dolar AS atau setara Rp94 miliar.

Dilansir dari The Independent, Minggu (8/3/2020), piramida bertingkat Djoser terletak di sebelah barat Kairo dekat situs arkeologi Saqqara. Piramida ini dibangun sekitar 4.700 tahun silam.

Piramida tersebut adalah situs pemakaman Firaun Djoser, salah satu raja dari Dinasti Ketiga Mesir Kuno. Disebutkan, piramida ini dirancang oleh kanselirnya, Imhotep.

Piramida sendiri merupakan konstruksi batu skala besar pertama dalam sejarah serta kompleks penguburan piramida terbesar.

Berukuran 60 meter, piramida terdiri dari enam anak tangga bertumpuk di atas ruang pemakaman. Ruangan tersebut memiliki kedalaman 28 meter dan lebar tujuh meter.

Piramida yang juga situs warisan dunia UNESCO ini sempat terbengkalai selama bertahun-tahun dan berisiko runtuh hingga pemerintah Mesir mengumumkan proyek restorasi pada 2006.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proyek Sempat Tertunda

Namun proyek tersebut harus ditunda pada 2011 karena pemberontakan di Mesir yang membuat Presiden Hosni Mubark digulingkan dari posisinya.

Proyek kemudian dilanjutkan pada 2013 dengan hasil diumumkan kepada publik pada Kamis lalu.

"Hari ini kita merayakan penyelesaian proyek menangkal bahaya dan mempertahankan serta memulihkan piramida pertama dan tertua yang tersisa di Mesir," kata Menteri Pariwisata dan Purbakala Mesir, Khaled al-Anani, saat pembukaan.

"Meskipun tentu saja kami sangat bangga bahwa ini adalah warisan Mesir, kami juga tahu betul bahwa dunia dan warisan global sangat ingin kami pertahankannya," kata Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.