Sukses

6 Manfaat Garam di Situasi Tak Biasa untuk Selamatkan Hari Anda

Liputan6.com, Jakarta - Garam, dengan macam-macam kegunaannya, tentu sudah tak lagi asing di keseharian banyak orang. Umumnya, garam semata digunakan sebagai penambah rasa asin dalam sejumlah masakan menggugah selera.

Padahal, garam punya kegunaan yang jauh melampaui semata pemberi rasa. Melansir laman Brightside, 10 Februari 2020, garam ternyata bisa berguna di beberapa kondisi yang bisa dikatakan tak biasa.

1. Kembalikan warna cerah pakaian

Tak perlu lagi bersusah payah. Rendam pakaian yang warnanya ingin kembali dibuat cerah dengan garam secukupnya. Bisa juga dengan menambahkan 1/4 cangkir garam ke pakaian yang sedang dicuci dengan mesin.

2. Menghilangkan bekas lipstik di gelas

Lipstik yang tahan lama dan sulit hilang membuat Anda kesal saat mencuci gelas? Kalau iya, coba gosokan sedikit garam, hati-hati jangan sampai gelas malah tergores, di bagian tersebut.

Setelah digosok beberapa saat, bilas dengan air biasa dan noda bekas lipstik yang menempel akan hilang.

3. Mengosok gigi

Kalau belum bisa sepenuhnya menggantikan pasta gigi dengan garam, ada cara lain yang bisa Anda coba. Tambahkan sedikit garam ke pasta gigi setiap kali menyikat gigi, sedikit saja. Kandungan antibakteri di garam dipercaya ampuh membersihkan kotoran, bahkan membuat gigi lebih putih.

Tapi, hasil tersebut tak bisa didapat setelah sekali memanfaatkan garam sebagai penambah kandungan pasta gigi. Kebiasaan ini harus dilakukan secara rutin sebelum akhirnya memperlihatkan hasil.

2 dari 3 halaman

Manfaat Lain Garam

4. Memeriksa kondisi telur

Acap kali di simpan dalam waktu yang lama, sulit mengetahui apakah telur masih dalam kondisi baik atau sebaliknya. Dengan tes sederhana memanfaatkan garam, Anda bisa mengatasi situasi ini.

Caranya, tambahkan dua sendok teh garam ke dalam segelas air dan jatuhkan telur ke dalamnya. Bila tenggelam, telur masih dalam kondisi baik.

5. Atasi ketombe

Sebelum keramas, taburkan sedikit garam ke kulit kepala, pijat lembut dan diamkan selama setidaknya lima menit. Cara ini dipercaya membantu mengatasi ketombe, selain itu juga membuat rambut tumbuh sehat, panjang, dan kuat.

6. Ringankan sakit tenggorokan

Tambahkan satu sendok makan garam ke dalam segelas air, lalu berkumur dengan larutan tersebut setidaknya selama 30 detik. Cara ini dipercaya bisa meringankan sakit tenggorokan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Garam Dapur dengan Garam Laut, Apa Bedanya?
Artikel Selanjutnya
Susi Pudjiastuti Ungkap Penyebab Garam Petani Tak Terserap