Sukses

Tren Pengiriman Makanan Antarkota Sampai di Hari yang Sama

Liputan6.com, Jakarta - Anda tak perlu lagi menahan keinginan makan makanan favorit berlokasi di luar kota. Pasal, sekarang sudah ada layanan pengiriman makanan antarkota yang dijamin sampai di hari itu juga, yakni same day delivery dari Paxel.

"Sejak awal berdiri (awal 2018), Paxel konsisten dengan same day delivery. Pengusaha makanan, terutama Usaha Kecil dan Menangah (UKM), jadi pihak pertama yang coba layanan tersebut, baik di dalam maupun antarkota, Sekarang persentasenya sudah ada di 50 persen," kata COO Paxel Zaldy Ilham Masita saat konferensi pers di bilangan Jakarta Selatan, Jumat (31/1/2020).

Hingga awal 2020, kota-kota yang sudah ter-cover layanan tersebut adalah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, dan Denpasar.

"Dengan pakai layanan ini (same day delivery), perputaran uang pengusaha UKM lebih cepat karena setelah (pesanan) sampai, dana yang dibayarkan pelanggan otomatis masuk. Bisa besok, bahkan hari itu juga," ucapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun tim Paxel di periode liburan akhir tahun 2019 dan awal 2020, yakni  25 Desember 2019--2 Januari 2020, angka transaksi pengiriman makanan dengan same day delivery mengalami lonjakan dengan total lebih dari dua ribu pembeli,

"Cilok Cepot Bandung jadi kuliner yang paliing banyak dipesan di waktu tersebut. Karena ready-to-eat, kuliner ini kayaknya jadi andalan ibu-ibu," tutur CEO Paxel Bryant Christanto.

Menyusul kemudian Pisang Goreng Bu Nanik, Batagor Kingsley Bandung, Bebek Sinjay Surabaya, Brownies Amanda Bandung, Bandeng Juwana Semarang, Roti Unyil Bogor, Bakso President Malang, dan Lumpia Gang Lombok Semarang.

Bandung jadi kota dengan asal pengiriman makanan terbanyak, yaitu mencapai 45 persen, disusul Bogor 12 persen, dan Jakarta 11 persen. Sedangkan ditinjau dari lokasi pembeli, paling banyak berasal dari Bandung, Bekasi, dan Bogor.

2 dari 3 halaman

Tinggalkan Kesan Mahal

Zaldy mengatakan, menerapkan sistem pengiriman yang didesain sedemikian rupa dengan memanfaatkan teknologi, tim Paxel meninggalkan kesan mahal layanan same day delivery.

"Mulai 2018, kami konsisten menghadirkan fixed cost," sebut Executive Advisor Paxel Djohari Zein. Di samping, jaminan kurun waktu tiba setidaknya selama 10 jam bagi pengiriman antarkota jadi komitmen yang dipegang start-up logistik tersebut,

"Kami punya cara sendiri bagaimana kualitas (makanan) terjaga. Mulai dari smart locker, bagaimana estafet difasilitasi dengan aman, pilih rute paling murah, paling cepat. Sorting pakai software ini yang bikin jaminan layanan Paxel beda," papar Bryant.

Di 2020, layanan tersebut akan melakukan ekspansi ke beberapa kota, termasuk Medan, Palembang, Magelang, Cirebon, dan Makassar. "Di Jawa sendiri kami bakal meluas ke 10--12 kota," ucap Zaldy.

Khusus pengiriman makanan, Bryant mengatakan, menggaet Top 10 kuliner setempat bakal jadi target pihak Paxel. "Makanya kami edukasi terus dan diskusi untuk sesuaikan kapasitas dapur. Bangun awareness juga terus dilakukan karena banyak yang tidak percaya 10 jam bisa sampai," kata Bryant.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: