Sukses

Deg-degan tapi Penasaran, Menikmati Pertunjukan Barongsai Tonggak di Tangerang

Pertunjukan barongsai tonggak itu digelar untuk menyambut Imlek pada 25 Januari 2020.

Liputan6.com, Tangerang - Perayaan Imlek 2020 sudah di depan mata. Beragam persiapan menyambut momen Tahun Baru China itu makin semarak dan terlihat di mana-mana. Salah satunya lewat kehadiran barongsai di tempat umum.

Banyak jenis pertunjukan barongsai, tetapi barongsai tonggak terbilang yang paling dinantikan warga. Pasalnya, keterampilan para pemain benar-benar ditantang lantaran mereka harus meloncat di antara puluhan tonggak setinggi antara 2--3 meter.

Jantung para penonton berdegup kencang melihat atraksi tersebut, seperti yang terlihat di Tangcity Mall pada Minggu, 19 Januari 2020. Ribuan pengunjung memadati atrium utama pusat perbelanjaan tersebut.

Dengungan alat musik tambur yang dipadu dengan gong kenong, serta nyaringnya suara pyeng-pyeng, membuat dua orang di balik kostum Barongsai itu semakin atraktif di atas tonggak atau tiang tinggi itu.

Setiap kali barongsai melakukan gerakan melompat dari tonggak satu ke yang lainnya, atau berdiri di atas satu tonggak saja, semua penonton bersorak sorai kegirangan. Para pemain diketahui adalah anggota grup barongsai Kun Seng Keng Indonesia, grup yang banyak mengikuti kejuaraan dunia.

Pertunjukan barongsai itu bisa dinikmati setiap akhir pekan yang puncaknya berakhir pada 25 Januari mendatang. Ternyata atraksi tersebut lebih dari sekedar menghibur.

Kehadiran atraksi kebudayaan masyarakat pecinan jelang Imlek 25 Januari nanti, penuh arti bagi sebagian penonton, terlebih bagi mereka yang merayakan. Sandra contohnya, dia merasa bangga kebudayaan leluhurnya dikenal dan dinikmati masyarakat luas.

"Ada perasaan bangga, senang pastinya, juga terharu. Kebudayaan yang saya kenal sejak kecil, dinikmati di dalam gang atau keluarga, kini juga banyak pecintanya dari masyarakat luas," tuturnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memantau Lewat Medsos

Sandra bahkan sengaja memantau pertunjukan barongsai lewat media sosial. Ia juga sengaja mendatangi pusat perbelanjaan yang dia ketahui demi menikmati atraksi barongsai.

"Di Tangerang kalau enggak salah ada tiga mal yang ada gelaran barongsai, juga ada atraksi bermain kecapi khas Tionghoa, seru banget," kata warga pecinan Benteng asli Tangerang itu.

Menurutnya, di gang rumahnya itu banyak sekali seniman atau pemain barongsai. Bukan hanya warga keturunan Tionghoa, tetapi juga mereka dari berbagai suku lain juga ikut bermain.

Sementara, bukan hanya Barongsai Tonggak saja. Ada juga aksi teaterikal keluarga Panda atau 'Hoki Panda Treasure' yang membuat anak-anak loncat kegirangan menikmati pertunjukannya. 

"Tahun ini kami mengambil tema Harta Karun dengan harapan pengunjung bisa merayakan Imlek di tengah kebersamaan keluarga yang penuh sukacita dan berlimpah kasih sayang, dimana hal ini adalah harta karun yang sebenarnya," ujar Building Manager Tangcity Mall, Wina Andriyani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.