Sukses

Khofifah Indar Parawansa Pamerkan Nasi Sodu, Pernah Coba?

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki beragam jenis kuliner dan setiap daerah memiliki makanan khas tersendiri. Salah satunya adalah kuliner khas Situbondo, Jawa Timur.

Lewat akun Instagram pribadinya, Khofifah Indar Parawansa memperkenalkan salah satu kuliner khas Situbondo, namanya Nase Sodu atau nasi sodu. Anda pernah mencoba?

"Kalau kamu lagi mampir di Situbondo, sempatkan menyantap Nase' Sodu," tulis Khofifah, Minggu (12/1/2020).

Nase’ Sodu ini terdiri dari jagung yang dicampur kacang panjang yang dimasak jadi gulai santan dan ikan tongkol yang dimasak merah. Nase’ Sodu biasanya di jual di pagi hari. 

"Bukan cuma cara penyajiannya yang unik karena menggunakan daun pisang, tapi juga karena rasanya yang lezat," lanjut Gubernur Jawa Timur itu.

Supaya tambah nampol sedapnya, kata Khofifah, jangan lupa dengan sambal cenginya. Sambal cengi merupakan sambal yang ditambah dengan potongan timun dan kecambah. Ia juga menyarankan, supaya makin afdol, gunakan daun pisang sebagai sendoknya.

"Saya yakin kamu bakal ketagihan. Happy weekend," tutur Khofifah Indar Parawansa.

2 dari 3 halaman

Tajin Palapa dan Nasi Karak

Selain Nase Sodu, Situbondo juga memiliki kuliner khas lainnya, yaitu Tajin Palapa. Makanan ini merupakan menu sarapan andalan warga Situbondo.

Makanan ini terdiri dari bubur yang disajikan dengan bumbu kacang, toge, kangkung. Tajin Palapa akan semakin lezat disantap dengan bakwan goreng serta sambal.

Selain Tajin Palapa, ada juga nasi karak. Berbeda dengan nasi kucing, nasi karak merupakan makanan yang ditaburi dengan parutan kelapa ditambah dengan lauk pauk. Anda tertarik mencoba?

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading