Sukses

Mengungkap Kandungan Kalori dalam Kopi Susu Kekinian

Liputan6.com, Jakarta - Minuman hits saat ini menjadi salah satu tren yang digemari anak muda. Selain minuman thai tea khas Thailand, tren minuman kopi susu berbagai rasa juga memiliki peminat yang tak kalah banyak.

Saat ini kehadiran minuman kopi susu sudah memiliki banyak varian rasa yang bisa dipilih. Namun, tahukah kamu jika mengonsumsi minuman kopi susu berlebih dapat menimbulkan berbagai dampak yang berbahaya bagi tubuh?

Yuk simak beberapa fakta tentang kopi susu kekinian dan bahayanya, seperti disusun oleh tim Ngovee.Jovee.id.

Kopi Susu Kekinian

Bagi sebagian orang, minum kopi adalah suatu hal yang harus dilakukan setiap hari. Tapi sebelum kamu memesan kopi, pelajarilah sejenak komposisi apa saja yang ada di kopi kamu, karena salah-salah, kamu mungkin saja menimbun lemak dan penyakit di tubuhmu. Kopi susu yang menjadi tren zaman sekarang ini biasanya terdiri dari kopi, susu, gula putih atau gula aren, dan kental manis.

Kopi/Espresso

Kopi yang ada biasanya dalam bentuk espresso, yang terbuat dari biji kopi yang digiling dengan semburan air panas. Espresso ini memiliki kandungan kafein yang tinggi, namun tidak memiliki nilai gizi berarti. Satu cangkir shot espresso memiliki kandungan sebesar 5 mg kalori, 80-120 kafein dan nol protein.

Menurut Catherine Collins, seorang ahli gizi terdaftar dari RS St. George London, espresso bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan kafein dalam espresso dapat merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan kinerja sebelum kamu berolahraga.

Susu

Susu memiliki banyak manfaat karena mengandung kalsium yang dapat membantu perkembangan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium dalam susu juga membantu dalam proses pembekuan darah.

Namun, susu yang dicampur kopi tidak akan memiliki kadar kalsium secara maksimal. Susu yang dikonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering juga dapat menjadi dampak buruk bagi kesehatan.

Susu yang dicampur ke kopi memiliki kalori yang berbeda tergantung jenis susunya. Untuk susu full cream memiliki 120 kalori, sedangkan susu non lemak memiliki 75 kalori.

 

2 dari 3 halaman

Gula

Satu sendok makan gula putih mengandung 60,8 kalori, sedangkan satu sendok teh gula pasir mengandung 16 kalori. Sementara satu sendok teh gula tebu mengandung 17 kalori. Namun, biasanya gula yang digunakan dalam kopi susu lebih banyak dari satu sendok teh.

Gula Aren

Satu sendok makan gula aren mengandung hampir 60 kalori. Jumlah kalori yang dimiliki gula aren dangula putih tidak berbeda jauh. Gula aren dan gula pasir sama-sama mengandung 300 kalo per 100 gram.

Kental Manis

Kental manis mengandung 320 kalori per 100 gram. Dengan kolesterol sebesar 34mg dan lemak 9 gram, kental manis biasanya digunakan sebagai pengganti gula.

Jadi, jumlah kalori yang dikandung tergantung dari kopi apa yang kamu pesan. Untuk segelas kopi susu gula aren, jumlah kalorinya bisa mencapai 185 kalori.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Risiko Bahaya Kesehatan Akibat Insomnia
Artikel Selanjutnya
5 Diet Populer Zaman Sekarang, Sehatkah bagi Tubuh?