Sukses

Keseruan Ganjar Pranowo Mampir ke Warung Nasi Grombyang Pemalang

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali membagikan keseruan berwisata kuliner. Kali ini, pria berusia 51 tahun tersebut mampir ke Nasi Grombyang khas Pemalang, miliki Pak Waridin.

Momen itu diabadikan melalui sebuah video singkat oleh Ganjar Pranowo. Ia sendiri yang merekam saat mampir ke Nasi Grombyang Pak Waridin sembari berbincang-bincang santai.

"Bersama Pak Waridin, penjual Nasi Grombyang di Pemalang. Sudah berapa tahun (berjualan)?" tanya Ganjar Pranowo dalam video yang diunggah pada 17 Desember 2019 itu.

Waridin pun menjawab 41 tahun yang disambut oleh reaksi antusias oleh Ganjar Pranowo. Rekaman berlanjut ketika ia menunjukkan dandang yang berisi lauk dari santapan khas Pemalang, Jawa Tengah tersebut.

Menariknya, sang pemilik beraksi sembari melempar mangkuk kecil dari satu tangan ke tangan satunya. Aksi itu disambut gelak tawa keduanya. "Ada sulapannya," kata Ganjar.

"Sekarang ada tol gimana dodolane mati apa tambah laris?" tanya Ganjar. "Tambah laris setelah ada jalan tol. Dari arah selatan mau ke Jakarta, Semarang lewati sini pak. Kalau pas di Pemalang, sambil istirahat," jawab Waridin.

2 dari 3 halaman

Di Balik Grombyang

Ganjar Pranowo tak hanya mengabadikan kedatangannya di Nasi Grombyang. Ia juga sempat bertanya kepada warganet yang ditulis melalui kolom keterangan video singkat itu.

"Kuliner malam2 Di Pemalang. Siapa pernah makan nasi Grombyang? Ada yg tahu, nasi grombyang itu spt apa? Dan kenapa dinamakan grombyang?" tanya Ganjar.

Sementara, nama Nasi Grombyang didapatkan karena makanan ini disajikan dengan kuah yang banyak. Saking banyaknya sampai menutupi nasi dan seperti bergoyang.

Nasi Grombyang berisi daging sapi dengan kuah hitam dan bumbu kluwek yang khas. Lauk pun dimasak dalam dandang yang besar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: