Sukses

Sukses Tak Cukup Bermodal Penampilan dan Percaya Diri

Menurut presenter Ivy Batuta ada tiga hal penting untuk bisa meraih kesuksesan.

Jakarta - Tiap orang tentu ingin sukses dalam pekerjaan maupun kariernya. Tapi apa saja yang dibutuhkan untuk bisa sukses? Benarkah modal utamanya adalah penampilan dan rasa percaya diri?

Menurut presenter Ivy Batuta, percaya diri dan berpenampilan modis belum cukup untuk mempengaruhi usaha seseorang dalam meraih kesuksesan.

Menurut dia, personal branding atau kombinasi citra diri dan reputasi seseorang juga menjadi salah satu faktor penting dalam hal kesuksesan.

"Personal branding menjadi sangat penting karena bisa memberikan dampak positif seperti menumbuhkan kepercayaan orang lain terhadap Anda, membuat hidup lebih mudah dan tentunya memberikan kebahagiaan tersendiri," ucapnya dalam keterangan tertulisnya yang dilansir dari Antara, Minggu, 15 Desember 2019.

Di sela di lokakarya Dress for Success, Ivy mengatakan, persona, kreasi, dan brand story merupakan tiga aspek penting dalam membangun personal branding yang kuat.

Persona, menurut dia, merupakan gambaran dan kualitas diri yang menyangkut penampilan, karakteristik, visi dan nilai-nilai diri. Sedangkan kreasi bermakna sebagai hasil karya, hasil kerja dan hasil pikiran dari seseorang.

"Ini merupakan proses atau tindakan yang mengubah dari tidak ada menjadi ada, dari kecil menjadi besar, dari sulit menjadi mudah," ucapnya.

Aspek terakhir, brand story yang bercerita terkait hal-hal di luar tentang diri seseorang juga termasuk faktor meraih sukses, contohnya seperti pemanfaatan sosial media dengan bijak dan benar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.