Sukses

Sanna Marin, Perdana Menteri Termuda di Dunia dari Finlandia

Liputan6.com, Jakarta - Politisi Finlandia, Sanna Marin akan menjadi Perdana Menteri termuda di dunia di usianya yang ke-34. Perempuan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Transportasi Finlandia ini siap dilantik sebagai Perdana Menteri pada Selasa (10/12/2019), waktu setempat.

Dilansir CNN, Selasa (10/12/2019), pada Minggu, 8 Desember 2019, Sanna menang tipis dengan memperoleh suara di antara anggota parlemen Sosial Demokrat, menurut Reuters.

Sanna Marin menggantikan Perdana Menteri Antti Rinne yang mengundurkan diri pada Selasa lalu, setelah mitra koalisi Centre Party mengatakan pihaknya kehilangan kepercayaan pada Rinne atas penanganan pemogokan pekerja pos.

Sang Perdana Menteri terpilih mengatakan kepada wartawan bahwa ia memiliki banyak pekerjaan di depan untuk membangun kembali kepercayaan, menurut Reuters.

The New York Times menulis, Perdana Menteri Finlandia periode 2014 hingga 2015, Alexander Stubb, mengunggah gambar melalui akun Twitter pribadi. Unggahan itu menampilkan pemerintahan yang dipimpin oleh para perempuan.

Ada Sanna Marin sebagai Perdana Menteri Finlandia yang baru, Li Andersson (Left Alliance), Katri Kulmuni (Centre Party), Maria Ohisalo (Green League), serta Anna-Maja Henriksson (Swedish People's Party of Finland).

"Partai saya tidak di pemerintahan, tetapi saya bersukacita para pemimpin dari lima partai di pemerintahan adalah perempuan. Menunjukkan Finlandia adalah negara modern dan progresif. Mayoritas pemerintahan saya juga perempuan. Suatu hari gender tidak akan menjadi masalah di pemerintahan," tulis Alexander.

2 dari 3 halaman

Aktif di Instagram

Sanna Marin juga diketahui sangat aktif di media sosial, satu di antaranya Instagram. Ia memiliki akun pribadi @sannamarin yang mengabadikan unggahan dalam berbagai kesempatan.

Mulai dari saat bertugas bersama rekan-rekan hingga menghabiskan waktu dengan keluarga. Begitu pula potret hangatnya momen bareng buah hatinya yang diketahui bernama Emma.

Buah hatinya lahir pada Januari 2018 lalu. Sanna sempat mengunggah potret mungil bayinya pada 31 Januari 2018 lalu dalam potret bernuansa hitam putih.

"Mukjizat hidup kita lahir pada Minggu. Ibu dan gadis kecil baik-baik saja," tulisnya dalam kolom keterangan.

Momen lain seperti saat menyusui, duduk bersama pasangannya dan buah hati bersama menikmati hari, hingga mereka piknik bersama di taman pun menghiasi halaman Instagram Sanna.

Saat ini, akun Instagram Sanna diikuti oleh lebih dari 29.800 followers. "Menteri Transportasi dan Komunikasi, Anggota Parlemen, Wakil Ketua SDP dan Dewan Kota Tampere," demikian bunyi keterangan di dalam bio Instagramnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Finlandia Pastikan Kabar Rencana 4 Hari Kerja dalam Seminggu Tidak Benar
Artikel Selanjutnya
Finlandia Bakal Terapkan 4 Hari Kerja dalam Seminggu, Akankah Bekerja Makin Produktif?