Sukses

Festival Literasi Pertama di Ende Diramaikan 1.000 Anak

Liputan6.com, Jakarta - Festival Literasi Ende 2019 dimeriahkan seribu anak di Ende, Flores. Festival pertama ini digelar oleh Taman Bacaan Pelangi merayakan ulang tahunnya yang ke-10.

"Tak terasa sudah 10 tahun TB Pelangi menyapa anak-anak di Indonesia Timur melalui 128 perpustakaan anak yang kami dirikan. Kini ada lebih 30 ribu anak telah merasakan manfaat dari program literasi kami," kata Founder TB Pelangi Nila Tanzil dalam keterangan pers, Sabtu (30/11/2019).

Dalam menyelenggarakan Festival Literasi Ende 2019, TB Pelangi bekerja sama dengan Forum Giat Literasi. Nila memberikan apresiasi kepada para pegiat literasi dari Forum Giat Literasi.

"Kerjasama ini mencerminkan bentuk kepedulian yang sama terhadap pentingnya menumbuhkan kebiasaan membaca bagi anak-anak di Ende,” kata Nila.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende (Plt) Kornelis Kawa sangat mengapresiasi upaya Taman Bacaan Pelangi dalam meningkatkan kualitas literasi anak-anak di Ende.

"Terima kasih telah membangun banyak perpustakaan ramah anak di sekolah-sekolah dasar di kabupaten Ende serta mengadakan festival literasi yang pertama di kota kami. Ini sungguh merupakan bentuk kepedulian yang luar biasa terhadap masyarakat Ende pada khususnya dan Indonesia Timur pada umumnya,” jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

Pelatihan

Selain dimeriahkan dengan berbagai acara seperti lomba menggambar, mewarnai, baca puisi, bercerita dengan bahasa daerah, Festival Literasi di Ende ini diwarnai dengan pawai kebangsaan diikuti lebih dari 50 SD di Ende.

Semua anak yang berpartisipasi dalam festival ini mendapatkan sebuah buku cerita anak sebagai kenang-kenangan dari TB Pelangi. Ada lebih dari seribu buku cerita yang dibagikan secara gratis.

Festival Literasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca. Selain lomba, ada pula talkshow dengan Gol A Gong, salah penulis ternama di Indonesia dan penulis novel Balada Si Roy dan Nila Tanzil.

Gol A Gong akan memberikan pelatihan kepada para guru PAUD serta pelatihan menulis novel secara gratis kepada para pegiat literasi pada Minggu, 1 Desember 2019 sebagai bagian dari rangkaian Festival Literasi Ende 2019.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading