Sukses

6 Pose Yoga Terbaik yang Bikin Hari-Harimu Lebih Tenang

Liputan6.com, Jakarta - Saat tenang, hampir setengah dari masalah yang dimiliki bisa terselesaikan. Namun, tak semua orang punya hal itu sehingga perlu dilatih. Anda bisa mencoba dengan beryoga secara rutin.

Ada beberapa pose yoga yang sangat cocok untuk Anda lakukan dan bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Pastikan seluruh pose dilakukan dengan tepat agar tidak menimbulkan cedera. Kalau perlu, Anda melakukannya di depan cermin.

Apa saja pose yoga yang dipercaya bisa menenangkan perasaan? Berikut rangkumannya seperti dilansir dari Asia One pada Selasa, 26 November 2019.

1. Childs Pose

Child pose atau pose anak ini adalah pose paling sederhana yang mirip seperti pose saat anak merajuk. Pose ini bisa menjadi pose pelampiasan kesal dan lelah setelah bekerja seharian. Anda hanya butuh matras yoga atau lantai yang bersih, karena pose ini akan membuat Anda meletakan tangan, wajah dan dada ke permukaan lantai.

Caranya, duduk di tumit Anda. Jaga tulang belakang agar duduk dengan posisi alami dan tekan pinggul Anda hingga ke tumit. Angkat tangan Anda dan bungkukkan punggung, lalu ulurkan tangan sampai melewati kepala Anda dan letakkan di lantai. Pastikan kepala berada di atas lutut. Bernapaslah sebentar saat melakukan pose yoga ini.

2 dari 7 halaman

2. Downward Dog

Pose ini paling banyak dilakukan saat yoga karena membentang dan memperkuat seluruh tubuh Anda. Untuk melakukan pose ini, Anda mungkin tidak akan memerlukan matras.

Cukup pakai sepatu dan gunakan sepasang sarung tangan olahraga atau handuk kecil untuk menahan agar tangan Anda tidak licin. Caranya, mulai dari merangkak, perlahan-lahan angkat bagian lutut dan letakkan kaki Anda tegak di atas lantai.

Luruskan dan pertahankan bahu Anda supaya lurus. Jangan lengkungkan punggung. Jika Anda memiliki paha belakang yang agak gemuk, pijakkan kaki Anda sebelum meluruskannya. Tahan posisi sebentar. Pose ini akan membentuk huruf A.

3 dari 7 halaman

3. Forward Fold

Pose berdiri ini dapat dilakukan di mana saja. Anda tidak membutuhkan matras untuk melakukan pose ini. Pose ini membantu melepaskan ketegangan di tulang belakang dan leher, serta meningkatkan sirkulasi darah ke otak Anda.

Caranya, berdiri tegak dengan kedua kaki bersatu. Lalu tekuk badan Anda ke depan dan tahan tumit kaki Anda supaya tidak terdorong ke depan. Anda bisa menekuk lutut dan atau menatulkan tubuh Anda beberapa kali untuk meregangkan paha belakang.

Untuk meregangkan punggung dan sisi tubuh Anda, rileks dan gantung saja tubuh Anda tanpa mendorong atau menarik terlalu berat. Bergerak dari sisi ke sisi, putar pinggul Anda sesekali. Lakukan selama 30 detik hingga 1 menit.

4 dari 7 halaman

4. Headstand

Pose ini cocok untuk melancarkan sirkulasi darah Anda dan menurunkan darah ke otak serta juga berguna untuk menjernihkan pikiran Anda. Gunakan matras atau lapisan permukaan lantai yang tidak terlalu keras untuk menahan kepala Anda saat melakukan pose ini.

Caranya, gabungkan kedua tangan Anda dan letakkan kepala di antara kedua tangan Anda. Siku tangan harus dekat dengan telinga Anda. Kemudian perlahan angkat satu kaki ke atas dan tarik sampai ke atas. Harus diingat, tekankan tubuh Anda pada lengan, bukan leher.

Jaga punggung agarr tetap lurus dan jangan biarkan dada dan tulang selangkang anda roboh. Jika baru pertama kali, Anda bisa mencoba dengan seorang profesional atau sandarkan seluruh tubuh ke dinding. Tahan selama 30 detik sampai 1 menit atau selama yang Anda bisa, kemudian turunkan.

5 dari 7 halaman

5. Happy Baby

Seperti namanya, gerakan ini mirip seperti bayi saat senang. Pose ini memang menghibur karena mirip seperti bayi kecil yang senang tapi tidak bisa melakukan apa-apa. Mereka hanya tertawa sambil menggigit kakinya.

Caranya, berbaring telentang dan dekatkan lutut Anda ke dada. Tekuk lutut Anda dan angkat kaki ke langit-langit. Lalu, bawa lutut ke sisi luat tubuh Anda. Pegang kaki dengan kedua tangan dari tepi bagian dalam dan luar.

Goyangkan sedikit dan bungkukkan punggung Anda. Putar dari sisi ke sisi untuk refleksi. Lanjutkan hingga 30 detik.

6 dari 7 halaman

6. Savasana

Pose ini menjadi pose paling favorit untuk semua peserta yoga karena Anda bisa mendapatkan kedamaian dan ketenangan. Savasana biasanya dilakukan setelah semua pose melipat dan menekuk tubuh dilakukan.

Caranya, baringkan tubuh Anda sambil telentang dengan kaki selebar pinggul. Letakkan tangan beberapa inci dari tubuh Anda. Lipat jari jari Anda secara alami dan hadapkan telapak Anda ke atas.

Anda bisa menutup mata Anda agar suasananya makin tenang. Bayangkan bahwa seluruh tubuh Anda dari mulai kepala, bahu, lengan, pantat dan kaki tenggelam ke dalam tanah. (Ossid Duha Jussas Salma)

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ngakak, Seperti Ini Bila Orang Mencoba Yoga untuk Pertama Kali
Artikel Selanjutnya
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Yoga Bersama Anak