Sukses

Kapan Waktu Terbaik untuk Pesan Hotel?

Liputan6.com, Jakarta - Travelling erat kaitannya dengan pengeluaran. Transportasi, belanja dan tempat tinggal menjadi penyedot uang di dompet saat sedang berlibur. Karenanya, kita harus cerdik untuk mengakalinya agar pengeluaran tidak berlebih.

Beberapa caranya adalah mencari tiket pesawat atau transportasi lainnya dengan harga yang sedang promo. Melansir dari The Huffington Post, 9 November 2019, terdapat studi dari CheapAir, sebuah agen perjalanan online Amerika yang menunjukkan bahwa waktu paling tepat mencari tiket termurah adalah 70 hari sebelum keberangkatan.

Lantas, apakah hal ini berlaku sama dengan hotel? Menurut para ahli, hotel justru harus dipesan saat sudah dekat atau mepet dengan waktu liburan Anda.

"Pihak hotel akan lebih memilih menyewakan ruangan dengan harga lebih murah dibandingkan tidak tersewa sama sekali. Hal ini berarti harga akan lebih turun saat semakin dekat dengan tanggal tinggalmu, dan tergantung berapa inventaris yang tersisa," ujar Mel Dohmen, senior brand manager Orbitz, sebuah situs pengumpul tarif perjalanan asal Amerika.

Pernyataan tersebut didukung oleh Devon Nagle, kepala divisi komunikasi Priceline, agen perjalanan online yang menawarkan tarif diskon untuk tiket pesawat dan hotel Amerika. Devon mengatakan bahwa jumlah kamar hotel lebih banyak daripada tiket pesawat, sehingga persaingan hotel semakin ketat.

"Mereka berkompetisi setiap hari dan dengan rutin menurunkan harga mereka setiap petang untuk mendapatkan pemesanan menit-menit terakhir," kata Devon.

Ungkapan ini dibuktikan dengan data dari Priceline yang melakukan analisis dari Januari 2018 hingga September 2019. Hotel-hotel di California, Florida, Texas, Illinois dan Massachusetts lebih menurunkan harga jika waktu pemesanan semakin dekat.

Contohnya, harga rata-rata untuk hotel di Massachusetts berharga 244 dolar per malam atau setara dengan Rp3,4 juta jika dipesan pada 90 hari sebelum. Tapi, harga tersebut turun menjadi 205 dolar yang setara dengan Rp2,8 juta saat 40 hari sebelum pemesanan, dan menjadi 141 dolar atau setara dengan Rp1,9 juta saat satu hari sebelum.

Hotel-hotel akan mulai menurunkan harga saat sudah memasuki sore dan malam hari. "Rata-rata, pemesanan hotel yang dilakukan di hari yang sama harganya lebih murah 10 persen, dan akan turun drastis saat memasuki pukul 16.00. Jika Anda pesan di jam 20.00, Anda biasanya bisa mendapatkan harga murah dari 5-10 persen," terang Sam Shank, CEO HotelTonight, aplikasi travel yang berspesialisasi di pemesanan menit-menit terakhir.

2 dari 3 halaman

Hari Termurah

Bila Anda tidak ingin memesan hotel di hari yang sama, ada pilihan dan cara lain agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah, yakni memesan di hari-hari tertentu. Namun, hal ini bisa saja berbeda-beda tiap tempatnya.

Hari Minggu malam dan Senin adalah hari yang tepat untuk menemukan hotel murah. Devon Nagle juga menyarankan bila ingin tinggal di hotel selama beberapa hari, dapat dicoba dari hari Sabtu ke Senin karena akan lebih sepi pula.

"Orang yang tinggal di hotel saat akhir pekan sudah pulang saat Minggu malam. Lalu, pebisnis juga biasanya tinggal di tengah minggu," kata Joel Brandon-Bravo, mantan managing director Travelzoo UK.

Tapi, cara-cara tersebut tidak selalu menjadi taktik yang terbaik. Terdapat banyak kebimbangan seperti bisa saja kamar hotel sudah terpesan semua. Mel Dohmen mengatakan bahwa kelemahannya adalah kita jadi tidak bisa memilih hotel favorit atau tinggal berdekatan dengan rekan yang lain.

Lalu, Joel juga menambahkan bahwa harga hotel yang dipesan dadakan ini juga bisa mahal ketika terjadi pembatalan pemesanan ruangan oleh pihak lain, dan pihak hotel merasa ruangan tersebut memiliki nilai jual yang tinggi.

"Jika manajer pengatur harga berpikir bahwa ruangan tersebut pasti terjual, mereka akan memasang harga yang mahal. Tapi, jika perkiraan mereka salah, harga akan diturunkan lagi," paparnya.

Joel menyarankan kepada para travellers, bahwa mereka harus cerdik dan tahu kondisi permintaan pasar terhadap hotel. Rutin mengecek dalam beberapa hari atau minggu juga bisa dilakukan. (Novi Thedora)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bikin Heran Menteri Erick Thohir, Deretan BUMN Ini Miliki Bisnis Hotel
Artikel Selanjutnya
Bukan Bintang Lima, Barack Obama Ternyata Lebih Suka Hotel Sederhana