Sukses

Menikmati Sensasi Pendakian Gunung Lembu di Purwakarta

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu pecinta outdoor, nanjak gunung mungking sudah menjadi salah satu kewajiban. Yap, keindahan alam yang ditawarkan akan membuat Anda ketagihan. Apalagi saat Anda sudah sampai di puncak, pemandangan sejauh mata memandang membuat hati damai dan tentram.

Nah, salah satu gunung yang patut kamu coba ialah Gunung Lembu. Terdapat di wilayah Purwakarta gunung ini memiliki ketinggian 792 Mdpl. Bagi kamu yang ingin memulai bisa melalui Pos keberangkatan pendakian di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Untuk menuju ke sana bagi kamu dari Jakarta bisa melalui ruas tol Purbaleunyi. Keluar pintu tol Jatiluhur belok kanan ke arah Sukatani.

Setelah itu, belok kanan usai Pasar Anyar. Ikuti jalan dan menyeberang rel setelah Stasiun Sukatani. Selanjutnya ikuti jalan yang sudah dibeton sampai Pos Pemberangkatan.

Walaupun ketinggian tidak terlalu tinggi tetapi jalur pendakian bisa dibilang cukup menantang. Jangan coba-coba menyepelekan jalur pendakian Gunung Lembu. Bisa –bisa kamu akan menyerah.

 

 

Untuk nanjang Gunung Lembu, kamu cukup datang ke Pos Pendakian dan wajib mendaftar pada tanggal berapa kita naik dan berapa orang peserta rombongan pendakian dengan membayar biaya pendaftaran. Pada pos tersebut Anda akan diberikan peta jalur pendakian untuk membantu menunjukan pilihan jalur.

Jika ingin memilih jalur mendaki yang cukup menantang dengan kemiringan tanah sekitar 60 derajat anda bisa mengambil jalan lurus Batu Lembu. Jalur lain adalah melalui Pasirompang yang memberikan jalur sedikit memutar dan cukup landai. Pos Air Pasirompang menyediakan saung-saung, rumah pohon, mushola sederhana dan akses air untuk para pendaki beristirahat.

 

Setelah melalui jalur tanah dengan pepohonan yang cukup menyejukan, Anda akan menemui jalur berbatu-batu besar yang turun lalu mendaki dengan jurang di samping. Jalur ini dimulai setelah melalui Punggung 3, dalam perjalanan menuju Punggung 3 ini anda akan menemui dua makam keramat Mbah Jongrang dan Mbah Raden Suryakencana.

Setelah melewati Punggung 3 dan jalur berbatu, anda akan menemui lokasi perkemahan yang cukup kecil. Untuk menikmati panorama alam, anda harus turun kembali menuju Batu Lembu. Di Batu Lembu yang luas ini anda bisa menyaksikan Waduk Jatiluhur, Tebing Parang dan alam sekitar.

 

(*)