Sukses

Ketahui Hal-Hal yang Tak Patut Dilakukan di Dalam Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan dengan pesawat tidak selalu menyenangkan bagi semua orang. Untuk mengatasinya, banyak orang melakukan hal pribadi agar perjalanan udaranya tidak terlalu buruk. Namun, tindakan yang dipilih belum tentu membuat nyaman orang di sekelilingnya.

Melansir dari Huffington Post, Rabu, 23 Oktober 2019, Jodi R. Smith, Presiden Mannersmith Atiquette Consulting banyak menyaksikan perlakuan tidak pantas di dalam pesawat. Hal itu tidak bisa dibiarkan lantaran ruang pesawat terbatas.

"Ketika berada di ruangan kecil, Anda harus tahu perilaku yang baik untuk menghargai orang. Karena semua orang di dalam pesawat tidak bisa menjauh atau berpindah," kata Jodi.

Ada beberapa hal yang perlu Anda hindari di dalam pesawat, agar perjalanan udara nyaman untuk seluruh penumpang pesawat. Pertama adalah mengambil foto penumpang lain tanpa izin.

Diane Gottsman, seorang pakar etika dan pendiri The Protocol School di Texas, menjelaskan agar tidak mengambil foto penumpang pesawat lain, apalagi sampai mengunggahnya di media sosial tanpa izin. Padahal, setiap orang punya persepsi berbeda tentang hal yang dianggap aneh bagi mereka.

"Biasanya orang sengaja mengunggah foto colongan untuk mengolok-olok penumpang lain karena sesuatu yang dikenakan atau dibawanya terlihat aneh. Perlakuan ini sangat tidak sopan," kata Gottsman. 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Dari Berisik sampai Menyisir Rambut

Selanjutnya, berisik. Smith mengatakan, bicara dengan suara keras dan menonton film tanpa earphone adalah hal yang mengganggu di dalam pesawat. Terutama bagi Anda yang senang bermain game, jangan keraskan suara atau lebih baik kenakan earphone agar orang di sekitar Anda tidak mendengar suara berisiknya.

Jangan pula menggunakan pesawat sebagai tempat spa atau salon. Biasanya perbuatan kecil seperti mengikir kuku, membersihkan gigi, melepas sepatu dan mengoyang-goyangkan kaki, sering dilakukan demi kenyamanan perjalanan. Padahal, pesawat adalah sarana perjalanan, bukan tempat spa.

Anda juga tak bisa seenaknya melakukannya di dalam kamar mandi pesawat juga. Fasilitas kamar mandi bukan untuk digunakan satu orang selama 20 menit untuk merias wajah dan memperbaiki rambut. Perhatikan kepentingan orang yang mengantre untuk buang air kecil.

Jangan sembarangan batuk dan bersin. Jangan juga menyisir rambut. Walaupun rambut tidak terdapat banyak kuman, tapi kita tidak tahu berapa banyak rambut rontok Anda saat menyisir. Beberapa orang tidak senang ada rambut orang lain terbawa ke pakaiannya.

"Kuman menyebar dalam hitungan detik," kata Gottsman. 

Terakhir adalah berlaku kasar pada pramugari. Jacqueline Whitmore, seorang ahli etika internasional dan mantan pramugari, menjelaskan tak sedikit penumpang yang berkata kasar ketika diperingatkan tentang kesopanan atau tindakan tidak pantas di dalam pesawat.

Itu lantaran kebanyakan orang hanya tahu tugas pramugari yaitu melayani dan memberi makanan atau minuman kepada penumpang. Padahal, pramugari juga bertanggung jawab untuk keselamatan penumpang.

"Penumpang merasa punya hak," kata dia. 

"Pramugari punya tugas utama, tapi menegur penumpang adalah tindakan sukarelawan yang dilakukannya untuk membantu agar semua penumpang mendapat perjalanan udara yang nyaman," imbuh Jacqueline. (Ossid Duha Jussas Salma)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Tidur Nyaman dalam Perjalanan di Pesawat
Artikel Selanjutnya
Cegah Sakit, Ini 6 Langkah Jaga Kesehatan Saat Naik Pesawat