Sukses

Profil Wishnutama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Jokowi Jilid II

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan nama-nama menteri di Kabinet Kerja Jilid II di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019) pagi. Salah satu nama yang disebut Jokowi adalah Wishnutama yang mengemban tugas sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pemilik nama lengkap Wishnutama Kusubandio ini telah malang melintang di dunia pertelevisian. Namun sebelum terjun ke dunia profesional, ia menuntut ilmu di SMP Tarakanita 5 Jakarta lalu melanjutkan ke Kooralbyn International School, Quesland Australia, dan International School of Singapore.

Wishnutama lantas melanjutkan pendidikan perguruan tinggi dan bergabung di Military College of Vermont, Norwich University, Amerika Serikat. Ia mengambil jurusan Liberal Arts di Mount Ida College dan komunikasi di Emerson College, Boston, Amerika.

Suami Gista Putri ini juga sempat mengikuti kursus produksi televisi di Emerson College dan Program Eksekutif GE Asia Tenggara di Crotonville, New York, AS. Ia mulai merintis karier di pertelevisian dengan bekerja paruh waktu sebagai asisten produksi di New England Cable News.

Lulus dari Emerson College, pria kelahiran 4 May 1970 ini mendapat pekerjaan di WHDH7, Boston. Wishnutama memutuskan kembali ke Tanah Air pada 1994 dan bekerja sebagai Supervisor Promo On Air di Programming Department di Indosiar (Emtek Group).

Pada 1995, ia menjadi Asisten Produksi dan Produser Eksekutif Berita. Empat tahun kemudian atau sekitar 1999, Wishnutama didaulat sebagai Manajer Produksi. Selama di Indosiar, ia menghadirkan deretan program seperti Pesta Gebyar BCA, Patroli, dan Satu Jam Bersama.

Wishnutama memutuskan pindah ke Trans TV pada 2001 sebagai Wakil Presiden Produksi. Dua tahun kemudian, ia menjadi Direktur Operasional lalu setahun kemudian, ia dipromosikan menjadi Managing Director.

Pada 2006, ia diangkat menjadi Presiden Direktur di TV7. Dua tahun kemudian ia menjadi Presiden Direktur Trans 7 dan Trans TV hingga memilih mengundurkan diri pada 2012.

Setelah meninggalkan Trans Corp, ia dan Agus Lasmono mendirikan stasiun televisi baru. Pada 26 Mei 2013, NET. resmi tayang dan pada November 2017, ia secara resmi menjadi Komisaris Kumparan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Kreator Asian Games yang Suka Fotografi

Wishnutama merupakan kreator yang mendesain kemunculan Jokowi pada Pembukaan Asian Games 2018. Sejak itu, ia jadi pihak yang ambil bagian dalam kesuksesan deretan acara Jokowi di televisi.

Sang kreator Asian Games tidak hanya terjun di dunia pertelevisian, tetapi juga menyalurkan hobinya yakni fotografi. Saat berlibur bersama keluarga tercinta, Wishnutama tidak jarang mengabadikan sederet momen.

Potret-potret hasil jepretannya pun dibagikan dalam akun Wishnutama Photography @tamagraphy. "Everything has beauty, but not everyone sees it," begitu bunyi keterangan di bio akun tersebut.

Akun yang telah memiliki lebih dari 24 ribu followers itu menampilkan hasil jepretan Wishnutama baik dalam sentuhan black and white atau warna. Ada potret sang istri saat dirias dalam nuansa hitam putih, destinasi-destinasi saat liburan luar negeri, potret anak-anaknya, human interest photography, dan masih banyak lagi.

Sementara, ia juga memiliki Instagram pribadi yang telah diikuti oleh satu juta followers. Wishnutama kerap mengunggah berbagai momen di media sosial, baik saat menghadiri acara, soal pekerjaan, liburan, hingga momen-momen bersama keluarga tercinta.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Disebut Tak Bernyali Terbitkan Perppu KPK, Ini Respons PKB
Artikel Selanjutnya
Pro-Kontra Ahok Jadi Bos BUMN