Sukses

5 Inspirasi Desain Ruang Keluarga Berkonsep Japandi, Simpel dan Tetap Cantik

Liputan6.com, Jakarta - Ruang keluarga seringkali menjadi sentral kegiatan Anda dan para anggota keluarga lainnya. Agar nyaman bagi seluruh penghuni rumah, desain ruangan tersebut sebaiknya dipertimbangkan masak-masak.

Dari beragam konsep yang ada, Japandi bisa jadi pertimbangan untuk diadopsi dalam penataan ruang keluarga. Japandi merupakan konsep desain yang menggabungkan dua gaya hidup, Wabi-Sabi dan Lagom.

Wabi-Sabi yang berasal dari Jepang berarti melihat keindahan pada sebuah ketidaksempurnaan. Sementara, Lagom yang berasal dari gaya hidup orang Skandinavia berarti adanya keseimbangan dalam hidup.

Berangkat dari dua gaya hidup tersebut, terciptalah Japandi yang bisa Anda aplikasikan pada desain ruang keluarga Anda. Dekoruma membagikan lima elemen desain Japandi pada ruang keluarga berikut ini.

Warna Putih Bersih dan Elegan

Ciri utama yang bisa Anda lihat pada desain Japandi adalah penggunaan warna putih yang dominan pada dinding ruang. Warna putih menjadi warna utama ruang, yang kemudian didampingi dengan warna lainnya melalui furnitur hingga dekorasi lainnya.

Ciri lain yang bisa Anda lihat pada desain Japandi adalah kehadiran elemen alam dalam ruang keluarga. Supaya tidak hanya sebatas kepentingan estetika desain saja, maksimalkan tanaman dalam ruang yang mampu menjernihkan udara juga.

 

 

 

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Dominasi Lightwood pada Ruang Keluarga

Selain melalui tanaman, nuansa alam di ruang keluarga juga bisa dimunculkan melalui pemakaian material lightwood. Warna kayu mudanya memberikan nuansa hangat pada ruang keluarga, sehingga kumpul keluarga makin akrab.

Pada ruang keluarga yang bersebelahan dengan dapur ini, lightwood bisa Anda lihat pada coffee table, lantai, rak terbuka pada area televisi, serta dinding yang membelakangi televisi.

Atraktif dengan Dekorasi Geometris

Agar lebih hidup, Anda bisa menghadirkan dekorasi dengan motif geometris yang simpel seperti bantal sofa, karpet, dan pajangan dinding. Jangan terlalu banyak karena bisa menghilangkan nuansa desain interior Japandi yang sederhana.

3 dari 3 halaman

Sentuhan Warna Pastel

Meskipun warna utama desain Japandi adalah putih, warna pastel juga bisa dihadirkan untuk memberikan aksen maupun sebagai warna sekunder. Anda bisa mengaplikasikannya pada sebagian dinding, sofa, hingga furnitur lainnya. Dengan sedikit sentuhan warna pastel, kesan simpel pada ruang keluarga akan menjadi lebih elegan.

Penggunaan Furnitur dan Dekorasi Esensial

Tak hanya dari sisi estetika saja, konsep desain Japandi juga mengutamakan penggunaan furnitur yang esensial. Esensial di sini berarti hanya memasukkan furnitur dan barang-barang lain yang benar-benar dibutuhkan saja. Tetapi, wujudnya disesuaikan kebutuhan personal.

Beberapa furnitur penting yang biasanya digunakan adalah sofa dan coffee table. Bila keluarga Anda lebih sering menikmati film atau tontonan lain melalui gawai atau perangkat lain yang terkoneksi dengan Internet, Anda tak perlu menghadirkan meja televisi.

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Halau Tungau dari Kasur Tanpa Jasa Profesional
Artikel Selanjutnya
Simak, Barang yang Boleh dan Tidak Dimasukkan ke Dalam Garasi