Sukses

4 Perawatan Wajah yang Dapat Mengecilkan Pori

Liputan6.com, Jakarta - Pori-pori besar adalah masalah yang cukup sering dialami banyak orang. Pori yang besar ini juga bisa menjadi pengganggu penampilan. Selain itu, hal ini membuat kulit wajah tampak tidak rata, menjadi tempat tumbuhnya komedo dan jerawat.

Ukuran pori di wajah ini bisa dipengaruhi berbagai faktor, seperti genetik atau jenis kulit tiap orang. Biasanya, tipe kulit yang berminyak bisa membuat pori- pori terlihat semakin besar. Elastisitas kulit dan menumpuknya debu di kelenjar kulit juga menjadi faktor lainnya penyebab pori tampak besar.

Biasanya, para wanita menyamarkan pori tersebut dengan menggunakan make up yang tebal atau berat. Padahal, hal ini justru akan membuat pori semakin besar karena akan menyumbat minyak keluar sehingga menjadi komedo.

Jika Anda ingin mengecilkan pori-pori, Anda bisa mencoba melakukan beberapa perawatan kecantikan ini. Liputan6.com merangkum empat perawatan wajah yang dapat dilakukan untuk mengecilkan pori, dilansir dari American Academy of Dermatologyst, 17 September 2019.

1. Gunakan Produk yang Mengandung Retinol

Jika Anda memiliki tipe kulit berminyak atau berjerawat ringan, gunakan produk seperti serum yang mengandung retinol atau retinyl palmitate. Kandungan ini bisa membantu kulit untuk memaksimalkan regenerasi sel kulit wajah. Jika lapisan kulit mati sudah dibersihkan dan terangkat, lapisan kulit baru akan menampilkan efek pori yang lebih kecil.

Selain serum, produk seperti krim malam juga ada yang mengandung retinol. Agar hasilnya lebih maksimal, aplikasikan produk-produk tersebut saat malam hari sebelum tidur. Jika kulit Anda sensitif, Anda bisa mencuci wajah terlebih dahulu kemudian tunggu 30 menit, baru aplikasikan produk mengandung retinol tersebut.

2 dari 3 halaman

2. Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Kegunaan tabir surya pada wajah tidak hanya berfungsi untuk menangkal jahatnya matahari, tetapi juga untuk menyamarkan pori yang besar karena sunscreen dapat menghalau sinar UV-A yang mengurangi elastisitas kulit. Jika kulit Anda kerap terpapar sinar UV, sel-sel kulit akan lebih cepat mati. Saat terjadi demikian, proses regenerasi kulit juga akan terganggu sehingga membuat pori tampak semakin besar.

Aplikasikan sunscreen dengan SPF di atas 30 atau 50 setiap hari. Agar hasilnya lebih maksimal, tetap gunakan tabir surya ini dalam semua kondisi cuaca, termasuk saat hujan atau beraktivitas di dalam ruangan.

3. Exfoliate

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah. Jika wajah sudah bersih, pori-pori di wajah juga akan tersamarkan. Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukan eksfoliasi ini dan hindari produk yang mengandung bahan kimia terlalu keras. Jangan menggosok wajah Anda terlalu keras juga agar tidak melukai lapisan kulit.

Anda bisa melakukan eksfoliasi sebanyak satu kali dalam seminggu. Jika wajah Anda sedang berjerawat atau memiliki luka, hindari langkah ini karena dapat melukai kondisi kulit dan memperburuk keadaan yang ada. Tetap gunakan pelembab setelah melakukan ini agar kulit tetap terhidrasi.

4. Cuci Wajah Dua Kali Sehari

Tips ini adalah salah satu yang paling mudah dilakukan. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran dan sisa make up yang tersumbat di pori-pori setiap harinya. Jika dilakukan secara rutin, yakni dua kali sehari, kulit bersih dan ukuran pori yang tersamarkan bisa menjadi hasilnya. Pencucian wajah secara rutin juga bisa mengurangi kadar minyak yang menjadi penyebab pori tampak besar.

Beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mencuci wajah adalah gunakan air dingin atau yang tidak terlalu panas. Air panas dapat membuka pori sehingga memberikan kesan lebih besar. Gunakan produk pencuci wajah yang ringan juga agar elastisitas kulit tetap terjaga. (Novi Thedora)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Mikrodermabrasi, Perawatan Wajah yang Aman bagi Kulit Sensitif
Artikel Selanjutnya
Kiat Fero Walandouw dan Susan Sameh Memilih Perawatan Wajah