Sukses

Studi: Tidur Siang Dua Kali Seminggu Bisa Mengurangi Serangan Jantung dan Stroke

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa tidur siang sekali atau dua kali seminggu dapat menghindari dari risiko serangan jantung dan stroke.

Mengutip metro.co.uk, Rabu, 11 September 2019, para peneliti mempelajari data dari 3.462 orang di Lausanne, Swiss, yang berusia antara 35 dan 75 tahun pada awal penelitian.

Dari data itu, mereka melacak orang-orang selama rata-rata lima tahun, melihat pola tidur mereka, di samping kesehatan umum mereka. Di antara orang-orang yang diteliti, 58 persen tak tidur siang, 19 persen tidur siang satu atau dua minggu, dan 12 persen tidur siang tiga sampai lima seminggu.

Sekitar 11 persen mengambil enam hingga tujuh hari tidur siang per minggu. Selama lima tahun, ada 155 'mengalami kardiovaskular' - yang berarti insiden seperti serangan jantung atau stroke.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang tidur siang sekali atau dua kali seminggu memiliki kemungkinan 48 persen lebih rendah untuk mengalami masalah ini.

Selain itu, mereka yang mampu tidur siang juga memiliki tingkat stres yang lebih rendah atau kesehatan secara keseluruhan yang lebih baik.

2 dari 3 halaman

Mengurangi Tekanan Darah

Tapi para ahli di balik penelitian ini mengatakan hasilnya memberikan beberapa bukti yang meyakinkan untuk tidur siang. Penelitian sebelumnya, menunjukkan bahwa tidur siang 'sebaik pil' untuk mengurangi tekanan darah.

Vanessa Smith, perawat jantung senior untuk British Heart Foundation, mengatakan bahwa tidur siang secara teratur dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. ‘Namun, ada banyak perubahan gaya hidup lain yang dapat Anda lakukan yang kami tahu membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.

Selain tidur siang, untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke juga dapat dilakukan dengan olahraga ringan 150 menit seminggu dan makan makanan sehat berbasis Mediterania.

“Kami juga tahu bahwa mengobati tekanan darah tinggi dan mengelola kolesterol Anda dapat mengurangi risiko jantung dan penyakit peredaran darah yang mengancam jiwa,” katanya.

Singkatnya, Anda perlu menjaga kesehatan Anda dan tidur siang sebentar kemungkinan tak akan lebih besar daripada pola makan yang buruk dan tak berolahraga. Jika Anda merasa sedikit lelah, tidur sebentar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Viral Penanganan Awal Stroke dengan Tusukan Jarum ke Ujung Jari, Faktanya?
Artikel Selanjutnya
Kecanduan PUBG, Remaja di India Terserang Stroke di Usia Muda