Sukses

Diet Sambal Terasi, YouTuber Korea Sukses Turunkan Berat Badan 10 Kilogram

Liputan6.com, Jakarta - Jang Hangsol, YouTuber asal Korea Selatan yang terkenal dengan logat Jawa-nya, baru-baru ini membagikan kisah sukses berdiet. Ia berhasil menurunkan berat badan hingga 10 kilogram dalam waktu 50 hari.

Dalam video berjudul Hasil Diet 50 Hari..Makan dan Olahraganya, lelaki yang dikenal dengan akun Korea Reomit itu menerangkan menu dietnya selama puluhan hari. Menu utamanya adalah nasi, dada ayam, kacang almond, protein shake, serta sambal terasi.

Menu sambal ditambahkan untuk menambah rasa pada makanan. Bahkan, ia menghabiskan banyak sambal pada minggu pertama diet.

Pada minggu pertama, jumlah nasi yang dikonsumsi hanya 300 gram dan dimakan empat kali. Jumlah itu setara dengan satu porsi nasi di salah satu restoran cepat saji dengan menu utama ayam goreng.

Untuk pendampingnya, ia makan dada ayam yang direbus. Sementara, kacang almond dikonsumsi sebagai camilan dengan porsi lima butir kacang per sekali makan. Sambal terasi adalah penambah nikmat makannya selama menjalani diet. "Protein shake itu diminum setelah olahraga," ujarnya.

Takaran nasi sempat dikurangi pada minggu kedua sampai empat jadi 200 gram saja, tetapi naik lagi begitu masuk minggu kelima hingga sekarang. Jenis protein yang dimakan juga lebih variatif, yakni tambahan salmon. Tetap ada sambal terasi di dalamnya.

Menurut Hansol, itu karena metabolisme tubuhnya sudah lebih cepat sehingga jumlah kalori yang dibutuhkan lebih banyak. "Minggu depan aku sepertinya boleh makan nasi 600 gram," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Jenis Olahraga

Hansol juga membeberkan jenis olahraga yang dijalani untuk mendukung program dietnya. Ia memilih menggunakan personal trainer agar gerakan yang dilakukan benar.

Setiap pagi, ia selalu berjalan kaki selama 45 menit. Awalnya, ia tak memedulikan jarak yang ditempuh. Tapi baru-baru ini, ia mengetahui seberapa jauh yang dilaluinya. "Sekitar 7,5--8 kilometer ternyata," katanya.

Tak berhenti pada jalan kaki, sesi mengolah tubuh lainnya dilakukan di pusat kebugaran. Ia berlatih angkat beban dan cardio. Jenis cardio yang dilakoni adalah jalan di treadmill dan mengayuh sepeda. "Kalau mengayuh sepeda, kecepatannya dijaga 25 kilometer per jam," tutur Hansool.

Ada satu lagi yang tak lupa dilakukan. YouTuber itu ternyata juga memiliki cheating day setiap minggu. Ia akan memakan apapun, tapi tetap dikontrol jumlahnya, belajar dari pengalaman cheating day di minggu pertama.

"Karena salah, dalam sehari naik tiga kilogram. Besoknya nge-gym rasanya nggak enak. Malah berat gitu," kata dia.

Meski sudah turun berat badan, Hansol mengaku masih akan melanjutkan program dietnya. Ia menargetkan turun berat badan 500 gram hingga 1 kilogram per minggu.

"Kalau lebih dari itu, kemungkinan yang turun massa ototnya, bukan kadar lemaknya yang berkurang," katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading