Sukses

Ketagihan Nikmatnya Sambal Raja Kutai

Liputan6.com, Jakarta - Di samping budaya turun-temurun, seperti banyak wilayah lain di Indonesia, kawasan Kutai Kartanegara juga kaya akan kuliner khas. Salah satu yang selalu menggoda untuk dicicipi adalah sambal raja kutai.

Melansir dari situs Visiting Kutai Kartanegara, Rabu, 28 Agustus 2019, sambal ini biasanya disajikan dengan telur rebus, kacang panjang, dan terong goreng. Karenanya, tak hanya rasa pedas yang didapat, tapi juga ragam tekstur dalam sekali gigit. Aroma segar jeruk nipis pun jadi ciri utama sambal raja kutai.

Hidangan ini biasanya dikombinasikan bersama ragam sajian lain, seperti ikan goreng, ayam goreng, dan tempe goreng. Konon cerita, pada zaman Kerajaan Kutai dulu, sambal ini dibuat sebagai pendamping nasi bekepor dan hanya bisa dinikmati para raja.

Tapi, sekarang Anda tak perlu jadi raja hanya untuk menikmati kuliner satu ini. Sambal raja kutai sekarang bisa ditemui di banyak restoran di wilayah Kutai Kartanegara.

Bahan-bahan yang cukup mudah didapatkan membuat sambal raja kutai pun jadi salah satu kuliner rumahan yang sangat mungkin dibuat sendiri. Mau coba buat sendiri?

2 dari 3 halaman

Resep Sambal Raja Kutai

Bahan-bahan:

3 sdm minyak sayur

5 helai kacang panjang, potong 2 cm

1 buah terong ungu, potong dadu 1 cm

10 butir bawang merah, belah 4

2 butir telur ayam, rebus, kupas, cincang

Bumbu:

10 buah cabai merah besar

10 buah cabai tiung (rawit)

1 buah jeruk cina (limau kasturi, lemon cui)

Secukupnya terasi, garam, dan gula

 

Langkah Pembuatan:

Langkah 1

Goreng kacang panjang, terong, dan bawang merah sebentar dengan minyak panas. Angkat dan tiriskan.

Langkah 2

Haluskan cabai, terasi, garam, dan gula. Bubuhi sambal dengan perasan jeruk cina. Tumis sambal dengan minyak sayur. Rajang halus kulit jeruk cina, campurkan ke dalam sambal.

Langkah 3

Taruh sambal di tengah cobek, dikelilingi oleh telur rebus, bawang, terong, dan kacang panjang. Sambal raja kutai siap disajikan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kedai Kopi di Jepang Sajikan Kopi Berusia 22 Tahun dengan Harga Rp13 Juta Secangkir
Artikel Selanjutnya
Kronologi Perempuan Beli Nasi Padang Lauk Usus Berisi Kotoran Sapi