Sukses

3 Potret Presiden Indonesia Saat Cukur Rambut

Liputan6.com, Jakarta - Mencukur rambut jadi salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh sejumlah presiden. Mulai Soeharto, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga Joko Widodo atau Jokowi. Aktivitas rutin tersebut yang membuat mereka memiliki tukang cukur langganan.

Jokowi juga mempunyai tukang cukur langganan. Dalam sebuah video yang diunggah dalam akun Instagram pribadinya, presidek ke-7 ini terlihat sedang dicukur oleh tukang cukur langganannya.

Sementara itu, Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga punya tukang cukur pribadi bernama Agus Wahidin. Jauh sebelumnya, Soeharto pun mempunyai tukang cukur khusus. Tukang cukur Soeharto bernama Pak Yos.

Joko Widodo

Pria yang beruntung menjadi tukang rambut langganan Jokowi bernama Jumadi. Sehari-hari ia membuka pangkas rambut di Bogor Utara. Dalam sebuah unggahannya pada 30 Mei 2019 lalu, Jumadi terlihat sedang mencukur Jokowi.

"Nih, apa, cukur rambut, ngerapihin rambut. Mau Lebaran. Makasih Mas Jum," ujar Jokowi dalam video tersebut.

Selain Jumadi, ada juga tukang cukur langganan Jokowi di Jakarta yakni Herman yang berasal dari Garut. Sebelumnya, Jokowi sempat bercerita bahwa dirinya punya tiga tukang cukur langganan. Mereka buka pangkas rambut di Jakarta, Bogor, dan Solo.

2 dari 4 halaman

Susilo Bambang Yudhoyono

Sementara itu, almarhumah Ani Yudhoyono sempat mengunggah sebuah foto saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang dicukur. Foto tersebut diunggah pada 24 Desember 2016 lalu.

"Bapak dari Garut inilah yang paling berani pegang kepala SBY," tulis Ani Yudhoyono sebagai keterangan foto.

Sejak menjadi pemangkas rambut pribadi Presiden ke-6 Republik Indonesia itu, Agus Wahidin sering diminta mencukur rambut para menteri dan pejabat kepolisian. Agus membuka pangkas rambut di Bekasi, Jawa Barat.

3 dari 4 halaman

Soeharto

Pak Yos itu tukang cukur yang mangkal di bawah pohon di Jalan Haji Agus Salim. Pak Yos tetap mencukur rambutnya, meski Soeharto sudah menjadi presiden RI.

Sejak menjadi presiden ke-2,  Soeharto mengundang Pak Yos untuk mencukur rambut di rumahnya di Jalan Cendana, Menteng, Jakarta Pusat. Hal itu sempat diungkapkan oleh Siti Hardiyanti Rukmana atau Mbak Tutut.

Dalam sebuah unggahannya pada 25 Juni 2019, Mbak Tutut sempat mengunggah sebuah foto saat ayahnya sedang dicukur rambutnya. Soeharto terlihat agak menunduk saat Pak Yos mencukur rambutnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Menteri Boleh Terbitkan 1 Peraturan, Tapi Harus Pangkas 10
Artikel Selanjutnya
Jokowi Tegaskan Pemangkasan Eselon Tak Pengaruhi Pendapatan ASN