Sukses

6 Manfaat Temulawak selain Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Temulawak lama dikenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan. Tumbuhan bernama latin Curcuma xanthorrhiza ini kerap kali menjadi bahan obat tradisional untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, tahukah Anda bahwa temulawak memiliki segudang manfaat yang lain? Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber enam tentang manfaat temulawak lainnya untuk kesehatan tubuh Anda, Kamis, 11 Juli 2019.

1. Mengatasi Peradangan

Kandungan kurkumin dan minyak esensial pada temulawak dipercaya memiliki sifat antiinflamasi. Jadi, sangat baik untuk mengobati dan mencegah terjadinya peradangan di tubuh Anda. Temulawak sangat cocok dikomsumsi oleh penderita osteoarthritis atau peradangan sendi, karena diyakini mampu meredakan rasa sakit pada sendi.

Ekstrak temulawak memiliki khasiat yang alami sehingga tidak menimbulkan efek samping pada sendi. Anda dapat mengolah temulawak dengan cara dibakar terlebih dahulu. Setelah itu, dikupas dan direbus menggunakan air lalu minum setelah dingin.

2 dari 7 halaman

2. Tingkatkan Nafsu Makan

Khasiat temulawak juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Para orangtua dapat memberikan tanaman rimpang ini sebagai obat penambah nafsu makan. Senyawa kurkumin pada temulawak mampu mengosongkan lambung sehingga membuat anak merasa lebih cepat lapar.

Agar anak-anak menyukai temulawak, orangtua harus memproses tanaman herbal ini dalam bentuk inovatif. Temulawak juga dapat dijadikan minuman hangat dengan merebus temulawak dengan asam jawa dan gula merah. Setelah selesai, cairan itu disaring dan dikonsumsi untuk anak-anak.

3 dari 7 halaman

3. Menjaga Fungsi Hati

Manfaat temulawak selanjutnya yaitu mampu menjaga organ hati pada tubuh. Kandungan kurkumin memiliki khasiat mengobati gangguan kesehatan hati dan mencegah sel-sel hati berlemak. Temulawak dapat dijadikan opsi pilihan obat tradisional digunakan untuk penyakit hati.

Selain kurkumin, bagian bawah batang pada temulawak juga memiliki khasiat yang sama. Kandungan kurkumin memiliki beragam efek seperti analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat mengobati penyakit hati. Temulawak juga bisa memperlambat atau menghentikan proses perkembangan penyakit hepatitis.

4 dari 7 halaman

4. Mengatasi Penyakit Maag

Kandungan kurkumino, monoterpen, dan sekuiterpen yang terdapat pada temulawak ternyata mampu mengatasi penyakit maag. Penyakit yang membuat perut Anda merasa perih ini dapat disembuhkan secara alami dengan mengonsumsi temulawak secara teratur.

Caranya, Anda dapat meracik temulawak dengan mengirisnya tipis-tipis lalu rebus menggunakan air sebanyak lima gelas. Setelah mendidih, diamkan sampai dingin dan setelah itu minum air secara teratur. Anda juga dapat menambahkan madu pada ramuan ini agar terasa lebih nikmat.

5 dari 7 halaman

5. Menurunkan Kolesterol

Temulawak memiliki kandungan kurkumin yang juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Kurkumin diduga berperan untuk menurunkan lemak darah, serta memiliki efek baik pada kesehatan jantung dan dampak sistem kardiovaskular tubuh Anda. Temulawak termasuk ke dalam makanan yang menurunkan kadar kolesterol.

Temulawak dapat menurunkan kolesterol karena efek samping yang relatif lebih sedikit. Terapi statin yang umum digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol memiliki efek samping berupa gangguan pada hati. Sedangkan, temulawak memiliki efek melindungi hati, sehingga dapat menetralisir gangguan pada hati.

6 dari 7 halaman

6. Mencegah Tumbuhnya Jerawat

Curcuma xanthorrizha memiliki sifat astringen yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Sifat ini mampu mengecilkan pori-pori kulit, sehingga secara tidak langsung akan menghambat munculnya jerawat pada permukaan kulit.

Temulawak juga dipercaya memiliki efek antiinflamasi yang meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Anda dapat menggunakan temulawak sebagai masker wajah secara rutin agar memperoleh hasil yang baik. (Devita Nur azizah)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Masuk Daftar 100 Kota Berbahaya di Dunia, Jakarta Masih Lebih Aman dari Kuala Lumpur
Artikel Selanjutnya
LRT Jakarta Targetkan Angkut 14 Ribu Penumpang Setiap Hari