Sukses

6 Potret Unik Tien Soeharto Semasa Hidup, Main Bowling sampai Bersepeda

Liputan6.com, Jakarta - Istri presiden ke-2 RI Soeharto, Tien Soeharto memang telah tiada pada 28 April 1996 silam akibat serangan jantung. Meski 23 tahun telah berlalu sejak kepergian Ibu Tien, begitu ia akrab disapa, namun sosoknya selalu dikenang.

Ibu enam anak ini sempat tergabung dalam Laskar Putri Indonesia, sebuah organisasi wanita yang memiliki tujuan mengumpulkan kekuatan mendukung pasukan tentara Tanah Air.

Selain itu, salah satu gagasan Tien Soeharto yang hingga kini sangat dikenang adalah pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), taman yang mewakili kemajemukan Indonesia yang juga sebagai destinasi wisata sekaligus sarana edukasi.

Sosok Tien Soeharto semasa hidup tergambar jelas dalam deretan potret yang diunggah putrinya, Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto di akun Instagram hingga yang dirangkum oleh akun penggemar. Simak keenam potretnya di bawah ini.

1. Bermain Bowling

Akun yang dikelola penggemar Soeharto dan Titiek Soeharto, @titiksoeharto, membagikan potret lawas Tien Soeharto tengah asyik beraksi bermain bowling. Tanpa memakai alas kaki, Ibu Tien terlihat gesit memegang bola bowling dengan jemari di tangan kanannya.

Tien Soeharto tampak mengenakan kebaya bermotif floral lengkap dengan kain batik serta selendang yang disampirkan. Tak ketinggalan, ia juga memakai sanggul khas Jawa dan kacamata.

2 dari 7 halaman

2. Kebersamaan Tien Soeharto dan Soeharto

Titiek Soeharto mengunggah kumpulan potret kebersamaan orangtuanya, Tien Soeharto dan Soeharto melalui akun Instagram pribadinya. Potret itu menampilkan foto-foto Ibu Tien dan Soeharto saat masih muda dalam nuansa hitam putih.

Ibu Tien setia menemani sang suami dalam berbagai kesempatan semasa hidup seperti dalam tugas negara, bersantai, di luar negeri, hingga saat berada di Tanah Suci, Makkah.

3 dari 7 halaman

3. Bersepeda

Potret manis Soeharto dan Tien Soeharto saat bersepeda bersama juga hadir dalam sebuah gambar besar. Putrinya, Titiek Soeharto pun ikut berpose di depan gambar kedua orangtuanya tersebut.

Dalam gambar, Ibu Tien dan Soeharto kompak mengenakan polo shirt dan celana panjang dan mengendarai sepeda tandem. Seperti biasa, tampilan Ibu Tien yakni dengan sanggul dan kacamata.

4 dari 7 halaman

4. Tampilan Anggun Tien Soeharto

Akun penggemar Instagram @titiksoeharto juga membagikan potret momen pernikahan Prabowo dan Titiek Soeharto yang terjadi pada 1983 silam. Terlihat Ibu Tien mengenakan kebaya brokat hijau gelap dipadu dengan kain bermotif coklat.

Di bagian tengah kebaya, Ibu Tien turut menyematkan bros. Sanggul khas Jawa, kacamata, aksesori seperti giwang dan cincin turut melengkapi penampilannya kala itu.

5 dari 7 halaman

5. Perangko

Potret dua mantan ibu negara yakni Ibu Fatmawati Soekarno dan Ibu Tien Soeharto sempat dihadirkan dalam prangko pada 2014. Ibu Tien tampil dalam balutan kebaya hitam dan selendang merah.

Tampilan sanggul khas Jawa, kacamata, serta giwang yang menjadi ciri khasnya turut hadir dalam potret dalam prangko berikut.

6 dari 7 halaman

6. Buku Yasin

Akun Instagram @titiksoeharto terlihat mengunggah buku yasin memperingati 1000 hari wafatnya Tien Soeharto. Tempat di halaman depan, potret Ibu Tien terlihat tersenyum. Tampak pula ia mengenakan kebaya hitam, sanggul, giwang emas, dan kacamata hitam.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: