Sukses

Bantal dan 5 Barang Lain yang Ternyata Punya Tanggal Kedaluwarsa

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang tanggal kedaluwarsa, angan Anda mungkin langsung dipenuhi semata deretan makanan atau produk kosmetik. Padahal, batas waktu pemakaian yang diajurkan nyatanya juga terdapat pada barang-barang berikut.

Kendati tak seperti makanan dan kosmetik, tanggal kedulawarsa deretan barang ini tak serta merta dituliskan secara pasti. Tapi, demi mendapatkan fungsi yang sempurna, jangka waktu pemakaian barang-barang ini harus diperhatikan.

Jika tidak, mereka mungkin malah menimbulkan masalah kesehatan bagi Anda. Apa saja? Langsung simak beberapa di antaranya seperti dilansir dari Says, Selasa (25/6/2019).

Bantal

Seiring waktu, bantal akan jadi tempat debu dan mungkin saja air liur Anda berkumpul. Jika Anda bangun tidur dan langsung bersin, bisa saja itu terjadi karena debu di bantal Anda.

Bantal perlahan juga akan kehilangan bentuk, serta manfaat utama dan bisa menyebabkan leher Anda sering sakit. Dua sampai tiga tahun adalah waktu ideal untuk mempertimbangkan mengganti batal.

Sepatu lari

National Institute of Health (NIH) merekomendasikan Anda mengganti sepatu lari setiap enam bulan. Hal ini dikarenakan, pada tenggat waktu tersebut, sepatu biasanya kehilangan stabilitas dan sangat mungkin membuat Anda cendera. 

Bahkan, bagi Anda yang berolahraga rutin setiap minggu, tanggal kedaluwarsa sepatu lari berada di angka tiga sampai lima bulan. Demi keamanan berolahraga, ada baiknya hal ini dipertimbangkan.

 

2 dari 3 halaman

Handuk

Merasa handuk Anda sudah tak lagi bisa menyerap air dengan sempurna? Itu merupakan tanda ia sudah melewati tanggal kedaluwarsa. Handuk basah merupakan tempat sempurna bagi bakteri untuk tumbuh.

Mencuci pun tak akan membuat bakteri hilang sepenuhnya. Jadi, di samping rutin dicuci, handuk yang Anda pakai disarankan jangan lagi dipakai setelah tiga tahun.

Sikat gigi

Bila sikat gigi sudah terasa kasar dan bentuk sikatnya tak beraturan, artinya Anda harus segera menggantinya. Dalam keadaan itu, sikat gigi tak akan efektif digunakan. Ganti sikat gigi setiap tiga bulan.

Sisir

Mungkin tak Anda sadari bahwa di samping rambut, sisir juga jadi tempat minyak, bahkan kulit mati, tertinggal. Karenanya, sisir disarankan diiganti setiap enam bulan sekali.

Sebagai perawatan, Anda bisa mencuci barang ini seminggu sekali, jangan pakai produk apapun langsung ke sisir, dan jangan pernah merendam sisir.

Bra

Satu sampai dua tahun jadi jangka waktu paling baik untuk mengenakan sebuah bra. Selebihnya, ia akan kehilangan bentuk awal dan akhirnya tak bisa menjalankan fungsi utama sebagai penopang payudara.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Labu Siam, Sayuran Sahabat Penderita Asam Urat