Sukses

Dorsaf Ganoiati, Wasit Cantik Pertama di Arab dalam Liga Tunisia

Dorsaf Ganoiati membanggakan wanita Arab karena karirnya sebagai wasit.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia sepak bola yang identik dengan pria telah dipatahkan oleh perempuan Arab ini. Dorsaf Ganoiati telah membuat wanita Arab bangga dengan karirnya sebagai wasit wanita Arab dan Afrika pertama di pertandingan divisi laki-laki di Liga Tunisia.

Dilansir dari Vogue Arabia, Jumat, 21 Juni 2019, wanita berusia 33 tahun tersebut meresmikan pertandingan antara Espérance Sportive de Tunis dan Club Athlétique Bizertin, Sabtu, 15 Juni 2019. Karir wanita ini dalam dunia wasit memang bukan kali ini saja. Dorsaf pernah menjadi wasit di pertandingan pria divisi dua dan beberapa pertandingan sepakbola wanita.

"Saya harap beberapa orang akan mengerti bahwa wanita dapat melakukan pekerjaan itu, bahkan terkadang lebih baik daripada pria," ujarnya kepada France24, dikutip dari Vogue Arabia.

Dorsaf diketahui menyelesaikan studinya di Institut Olahraga dan Pendidikan Jasmani di Al Said Palace, di Tunisia. Sebulum menjadi wasit pada 2012, ia pun pernah menjadi guru pendidikan jasmani dan pesepakbola.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebuah Kejutan

Saat terpilih menjadi wasit, Dorsaf mengaku terkejut dengan kesempatan yang didapatkannya itu. Menurutnya, menjadi wasit dalam pertandingan sepak bola divisi pertama pria ini akan menjadi tantangan menarik.

Pertandingan debut Dorsaf dalam divisi tersebut pun dimenangkan oleh Athlétique dengan skor 2-1. Dalam pertandingan itu, aksi Dorsaf terlihat mengagumkan dalam balutan seragam wasit FIFA berwarna biru muda.

Dalam potongan video wawancara France24 dengan Dorsaf, diunggah Minggu, 16 Juni 2019, wanita itu terlihat tangguh di lapangan. Dorsaf terlihat tegas memberikan kartu kuning dan beradu argumen dengan seorang pemain. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.