Sukses

5 Pelajaran Hidup yang Didapat dengan Tinggal Bareng Mertua

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian besar orang, tinggal bersama mertua menjadi sesuatu yang dilematis. Perbedaan gaya hidup dan pemikiran sering kali memicu konflik, belum lagi kebebasan yang terbatas berbeda ketika tinggal di rumah sendiri.

Padahal tinggal bersama mertua tak selalu horor. Seatap dengan mertua justru menjadi dinamika tersendiri bagi kamu dan pasangan. Ketika memilih tinggal bersama mertua, setidaknya ada lima pelajaran hidup yang bisa didapatkan.

1. Hubungan Menantu dan Mertua Jadi Lebih Akrab

Ini adalah salah satu keuntungannya. Ya, hubungan kamu dan mertua jadi lebih dekat. Misalnya, kamu jadi lebih tahu karakter mertua dan apa sebenarnya yang diinginkan dari anak dan menantunya.

Bukan hanya itu saja, ada banyak cerita baru yang dapat kamu ketahui dari mertuamu. Misalnya, kenangan mertua bersama pasanganmu waktu kecil.

2. Sudut Pandang Baru Tentang Rumah Tangga

Sebelum kamu ada di posisi ini, mertuamu lebih dulu merasakan pahit manisnya kehidupan berumah tangga.

Tinggal bersama mertua, tentu membuatmu mendapatkan perspektif baru mengenai rumah tangga. Dari pembicaraan dengan mertua, kamu akan lebih paham mengenai konsep rumah tangga versi  mereka.

3. Mengenal Pasangan Lebih Dalam

Poin ini bukan berarti kamu tak mengenal pasanganmu, lho. Tapi, keuntungan tinggal bersama mertua adalah kamu jadi lebih memahami pola asuh mertua pada pasanganmu yang mempengaruhi kepribadiannya.

 4. Jadi Lebih Bijaksana

Belajar menjadi pribadi yang lebih baik bisa dimulai dalam lingkungan keluarga, salah satunya dari mertua sendiri.

Dengan tinggal bersama mertua, kamu dapat belajar hal baru seperti budaya atau kebiasaan sehari-hari yang berbeda denganmu. Dari hal sederhana saja saat liburan. Mertuamu lebih memilih berlibur bersama menggunakan jalur darat atau mungkin staycation. Ini adalah peluangmu untuk melatih sikap agar lebih bijaksana atas perbedaan yang ada.

 5. Kesempatan Menabung

Salah satu hal yang membuat pasangan baru menikah tinggal bersama mertua karena alasan finansial. Ya, tinggal bersama mertua memungkinkanmu untuk menabung jangka panjang. Dengan demikian kamu bisa mengelola keuangan rumah tangga jadi lebih baik.

Selain itu, keuntungan finansial ini juga dapat gunakan sebagiannya untuk membahagiakan mertua. Caranya dengan memberikan mereka kejutan menjelang momen Idulfitri. Ya, kejutan itu berupa mempercantik rumah mertua dengan mengecat kembali dinding rumah agar terlihat 'baru' di moment Hari Raya Idulfitri. Warnai rumah mertua dengan warna hijau untuk menciptakan suasana fresh dan adem, seperti dengan warna Hijau Bolu Pandan. Warna dengan kode Spring Vigor NP BGG 1681D yang diperkenalkan oleh Nippon Paint ini cocok untuk menemani hangatnya suasana berkumpul di rumah bersama keluarga besar khususnya saat Hari Raya Idulfitri tiba. Cek berbagai inspirasi warna Hijau Bolu Pandan di sini.

 

Nah terkait hadiah istimewa untuk mertua di momen lebaran, kamu bisa menonton usaha dari Mas Kulin untuk membahagiakan mertuanya. Yuk nonton perjuangan Mas Kulin selengkapnya di sini!

 

 

(Adv)

Loading
Artikel Selanjutnya
Cat Dinding Warna Hijau dan Pengaruhnya Terhadap Mood Penghuni
Artikel Selanjutnya
Ini Cara Tingkatkan Pendapatan Mandor dan Tukang Cat