Sukses

Baitulmaal Muamalat Berikan Beasiswa bagi Mahasiswa S1, Ini Dia Persyaratannya

Beasiswa Baitulmaal Muamalat ini memberikan dana kuliah serta uang bulanan bagi tiap penerimanya.

Liputan6.com, Jakarta - Beasiswa banyak dicari untuk membantu kebutuhan mahasiswa dalam menjalani perkuliahan. Selain biaya kuliah, beasiswa juga banyak yang memberikan dana bantuan bulanan. Baitulmaal Muamalat (BMM) berkomitmen untuk memberikan beasiswa untuk mahasiswa S1 yang berasal dari keluara dhuafa dan berprestasi.

"Target kami mahasiswa dari kalangan fakir, miskin, mualaf dapat menyelesaikan kuliah dengan tenang. Meskipun dinilai belum cukup, Rp 5 juta per semester dan Rp 700 ribu per bulan. InsyaAllah bisa membantu," kata Teten Kustiawan, Direktur Eksekutif Baitulmaal Muamalat, Kamis (2/5/2019), di Hotel Sofyan, Jakarta Pusat.

Baitulmaal Muamalat akan membantu mahasiswa dari 20 Perguruan Tinggi dan Sekolah Tinggi di seluruh Indonesia. Terdapat Uhamka, Unitel, ITB, Undip, UII, UGM, Unisma, Universitas AMIKOM, Unhas, UHO, Unair, USU, UIN SU, UNJ, UMM, STEI SEBI, STEI Tazkia, STMIK AMIKOM, IPB dan UI.

"Baitulmaal Muamalat menampung zakat dari karyawan, nasabah, maupun pihak BMM telah mengingatkan zakat di bank Muamalat. Manfaat yang diberikan ialah memberikan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi yang kekurangan," kata Riksa Prakoso, Chief Human Capital Officer BMM.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persyaratan Beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa ini, mahasiswa bisa mendaftar melalui seleksi administrasi kampus masing-masing. Mahasiswa bisa menanyakan ke bagian kemahasiswaan kampus yang terdaftar di atas. Bila lolos, selanjutnya akan ada tahap seleksi wawancara oleh pihak Baitulmaal Muamalat.

Persyaratan utama ialah mahasiswa dari semester lima sampai delapan. Mahasiswa wajib memiliki IPK minimal 3,00 bila hendak mendaftar. Beragam fakultas pun bebas mendaftar beasiswa ini. Persyaratan lainnya mahasiswa juga harus aktif di kegiatan intrakampus maupun ekstrakampus seperti kemanusiaan, lingkungan, dan olahraga.

Penerima beasiswa juga bisa mendapatkan kesempatan magang di cabang-cabang Bank Muamalat. Akan ada pembinaan maupun training dalam bidang pendidikan, IT, serta perbankan syariah. Penerima beasiswa akan mendapatkan uang kuliah sebesar Rp 5 juta dan uang bulanan sebesar Rp 700 ribu.

"Dana pendidikan dan uang saku sangat membantu sekali, apalagi biaya hidup di Jakarta yang sangat besar. Saya sebagai perantau membutuhkan bantuan dari dana tersebut. Yang saya senang dari program ini tidak hanya secara material, tapi juga ada program magang. Lingkungannya pun sangat islami," ujar Fikri Hararap, mahasiswa Universitas Indonesia penerima beasiswa Baitulmaal Muamalat. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.