Sukses

6 Tips Agar Bangun Pagi Lebih Segar Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, bangun pagi sulit dilakukan. Apalagi, bila Anda bangun tidur dengan badan yang terasa lelah. Pekerjaan pada hari sebelumnya yang melelahkan dan kurang tidur bisa berefek pada hari selanjutnya.

Liputan6.com 

Dilansir dari Health Line, Senin, 29 April 2019, berikut 6 tips agar Anda bisa selalu bangun segar di pagi hari dan semangat kerja.

1. Pilih Kasur dan Bantal yang Nyaman

Bantal yang tidak nyaman bisa membuat tidur Anda tidak nyaman pula. Pilih bantal yang bisa membuat posisi kepala Anda di posisi netral agar saat bangun tidak sakit. Cuci pula sarung bantal secara berkala agar tetap bersih dan segar. Kasur yang nyaman pun menjadi kunci tidur yang nyenyak. Menurut Better Sleep Foundation, kasur harus dievaluasi setiap tujuh tahun. Jika sudah tidak bagus, kasur perlu diganti. Tidur yang nyenyak dan nyaman dapat membantu Anda bangun tidur selalu merasa segar.

2. Peregangan

Peregangan akan membantu darah mengalir ke otot-otot Anda agar tidak kaku. Apalagi, terkadang ketika tidur Anda bisa saja bertahan pada posisi yang sama sepanjang malam. Peregangan dapat membantu Anda untuk meningkatkan fleksibilitas, mengurangi risiko cedera, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan rentang gerak. Bangun pagi pun tak menjadi masalah.

3. Rapikan Kamar

Merapikan kamar saat bangun pagi hari hanya memakan waktu sebentar saja dan dampaknya luar biasa. Melihat kamar yang rapih membantu pikiran tidak stres dan memudahkan ruang gerak. Melihat kamar yang rapi dapat membuat Anda lebih semangat untuk menjalani hari. 

 

4. Basuh Wajah dengan Air Dingin

Agar cepat bangun, Anda bisa membasuh wajah dengan air dingin atau air biasa saja. Membasuh wajah dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Air yang dibasuh pada wajah pun dapat menghilangkan minyak dan kotoran pada wajah selama tidur. Bagi umat Muslim pun bisa dilakukan saat mengambil air wudhu untuk ibadah salat subuh.

5. Minum Air Putih

Minum air putih sebelum minum kopi atau teh dapat membantu memulihkan tubuh setelah tidur dan bisa meningkatkan metabolisme Anda. Minum air putih juga dapat mencegah dari kelelahan dan pusing yang mungkin bisa Anda alami sepanjang hari.

6. Sarapan

Banyak orang yang suka melewatkan sarapan. Padahal, sarapan dapat membantuk mengontrol gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan otak, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Pastikan untuk sarapan setiap hari agar kuat untuk menjalani banyaknya kegiatan sepanjang hari. Sarapan dengan sumber protein tinggi, seperti daging dan telur lebih baik daripada donat atau roti manis.(Fairuz Fildzah)

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
Berlari Kecil Bisa Bantu Anda Hidup Lebih Lama
Artikel Selanjutnya
Syeikh Ammar Bugis, Penyandang Disabilitas Penghafal Alquran dan Ulama