Sukses

Deretan Festival Aneh di Dunia, dari Festival Penis hingga Rambut Beku

Festival penis merupakan agenda tahunan yang digelar di Jepang yang bertujuan merayakan kesuburan. Nah, apa festival aneh lainnya?

Liputan6.com, Jakarta - Festival, salah satu cara yang bisa menyatukan beragam orang dalam satu acara. Ada yang bermula dari sejarah, kebudayaan satu penduduk, hingga sengaja dibuat untuk menarik massa.

Faktanya, kebanyakan festival bisa menghibur orang banyak. Bahkan saking uniknya, festival tersebut menjadi agenda yang dinanti para penggemarnya. Liputan6.com merangkau sejumlah festival unik bahkan nyeleneh dari berbagai tempat di dunia seperti berikut ini.

1. Festival Penis, Jepang

Festival unik nan aneh ini bernama Kanamara Matsuri atau Festival Penis. Tujuannya ialah merayakan kesuburan, pernikahan panjang, dan kelahiran yang sehat. Selain itu, festival ini juga ingin meningkatkan kesadaran tentang penyakit HIV. Festival ini akan diadakan setiap bulan April.

2. Festival Hari Kematian, Meksiko

Bagi pecinta animasi, film Coco merupakan salah satu film animasi bertema budaya Meksiko. FestivalHari Kematian ini mirip dengan Halloween.

Masyarakat Meksiko mengenakan riasan tengkorak dengan pakaian hitam maupun pakaian tradisional. Pada hari itu, keluarga berkumpul dan mendatangi festival di tengah kota yang digelar pada 31 Oktober hingga 2 November mendatang.

3. Festival Adu Jari Kaki, Inggris

Festival unik ini mengadu jari kaki. Acara ini digagas olej George Burgess tahun 1976 ketika sedang mencari olahraga baru untuk masyarakat Inggris. Cara mainnya ialah duduk berhadapan dengan jari saling mengunci dan mendorongnya hingga ke batas arena main yang disebut toedium. Festival ini akan diadakan 22 Juni 2019 mendatang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Festival Lentera Terapung, Hawaii

Lebih dari 50 ribu orang berkumpul untuk mengantarkan lentera ke laut. Diadakan untuk memperingati Hari Peringatan untuk orang terkasih dan harapan masa depan. Bukan hanya unik, festival ini menyuguhkan pemandangan luar biasa yang bisa Anda abadikan. Tahun ini akan diadakan pada 27 Mei 2019.

5. Festival Lumpur, Korea Selatan

Bila Anda ada rencana untuk ke Korea Selatan tahun ini, Anda bisa datang ke Festival Lumpur yang akan diadakan tanggal 19-28 Juli 2019. Dalam festival ini, pengunjung bisa bersenang-senang mandi lumpur bersama keluarga dan teman. Terdapat arena mandi lumpur, pesta kembang api, konser K-Pop, hingga ajang kecantikan.

6. Festival Rambut Beku, Kanada

Festival ini tergolong unik. Diadakan saat musim salju di Yukon, Kanada, yang suhunya minus 22 derajat Celsius pada malam hari. Biasanya, masyarakat akan menikmati olahraga musim dingin pada pagi hari. Malamnya, mereka akan datang ke Takjini Hot Pools sebagai penyelenggtara kompetisi rambut beku.

Pengunjung akan berendam sambil menunggu rambut beku akibat terpaan udara di Yukon. Foto rambut yang beku dengan model yang unik akan dipilih dan ditentukan sebagai pemenang. (Fairuz Fildzah)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.