Sukses

Hari Kartini 2019, Sederet Destinasi Wisata Menarik di Jepara

Liputan6.com, Jakarta - Jepara tak hanya dikenal keindahan ukirannya yang sangat terkenal, tapi juga RAden Ajeng Kartini. Jepara merupakan tempat lahirnya tokoh emansipasi Indonesia, Kartini. Tanggal kelahirannya 21 April kemudian dijadikan sebagai Hari Kartini.

Di luar itu, Jepara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini, memiliki destinasi wisata menarik. Berikut destinasi wisata di Jepara yang menarik untuk Anda kunjungi.

Karimunjawa

Kepulauan ini ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional pada 2001. Kepualaun ini merupakan bagian dari salah satu kecamatan di Jepara dan berjarak cukup jauh, yaitu 83 kilometer di bagian utara kota Jepara.

Karimunjawa dikenal karena keindahannya alamnya, bawah lautnya yang eksotis, serta pemandangannya yang sangat indah. Luas Taman Nasional ini berfungsi sebagai cagar alam laut yang dilindungi.

 

2 dari 4 halaman

Museum RA Kartini

Selain keindahan pantainya, Jepara juga memiliki Museum RA Kartini, lokasinya terletak di sebelah utara alun-alun kota Jepara. Pengunjung dapat melihat kerangka ikan raksasa Joko Tuo sepanjang 16 meter dan lebar 2 meter dengan berat 6 ton yang ditemukan di Karimun Jawa.

Dilansir dari museumindonesia.com, Minggu (21/4/2019), luas bangunan museum 890 meter persegi, berdiri di atas tanah seluas 5.210 meter persegi. Selain kerangka ikan raksasa, museum ini juga menyimpan koleksi peninggalan RA Kartini serta foto semasa hidup, peninggalan RMP Sosrokartono, benda-benda yang bernilai sejarah dan purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara, antara lain arkeologi, keramik, hasil kerajinan Jepara yang terkenal, antara lain ukir-ukiran, batik troso, keramik, anyaman bambu, dan rotan.

Pantai Gua Manik

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi saat di Jepara adalah Pantai Gua Manik. Lokasinya di Desa Banyumanis, Donorejo, Jepara. Pantai ini berdekatan dengan Benteng Portugis, destinasi wisata sejarah di Jepara yang juga terkenal.

Fasilitas yang tersedia di antaranya gazebo khas Jawa, warung makan konsep lesehan. Fasilitas lain yang disediakan adalah menara pandang yang makin Instagrammable, trekking bukit, taman, dan tulisan Gua Manik raksasa.

 

3 dari 4 halaman

Pantai Kartini

Selain Museum RA Kartini, para pelancong juga bisa berkunjung ke Pantai Kartini. Pantai ini berada di antara obyek wisata Karimun Jawa dan Pantai Panjang.

Pantai ini menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat populer di Jepara. Bangunan kura-kura raksasa menjadi ikon pantai ini yang berisi aneka wahana bermain dan edukasi yang menghibur, seperti catur raksasa, kolam kecek, tugu Kartini.

Benteng Portugis

Tak hanya Gua Manik, Benteng Portugis juga menjadi destinasi wisata di Jepara yang sayang untuk dilewatkan. Letaknya di pinggir laut, menjadikan lokasi wisata ini menarik untuk dikunjungi.

Benteng Portugis ini pernah digunakan oleh dua masa penjajahan dan negara yang berbeda yaitu oleh pendirinya, bangsa Portugis sekitar abad ke-16, dan masa pendudukan Jepang saat Perang Dunia II. Di luar destinasi wisata di Jepara di atas, tentu ada banyak destinasi wisata lainnya di sana. Anda penasaran?

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Intip 5 Wanita Terkaya di Dunia Versi Forbes
Artikel Selanjutnya
Gaya Pesepeda Onthel Rayakan Hari Kartini, dari Kostum Unik hingga Dangdutan